Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021

Hari Pendidikan Nasional atau sering disingkat Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei. Peringatan Hardiknas tidak lepas dari tokoh pendidikan nasional, yaitu Ki Hajar Dewantara. Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Pakualaman, Yogyakarta. Menteri Pengajaran pertama Republik Indonesia ini mewariskan berbagai hal di dunia pendidikan.

Salah satu warisannya yang terkenal adalah semboyan yang berbunyi "Ing ngarsa sung tulodho, ing madya mbangun karsa, tut wuri handayani", yang artinya "Di depan harus memberi contoh yang baik, di tengah-tengah harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan. Semboyan ini sampai sekarang masih digunakan dalam sistem pendidikan di Tanah Air. Bahkan kata "Tut wuri handayani" dituliskan di dalam logo Kemendikbud saat ini.

Semasa hidupnya, Ki Hajar Dewantara memperjuangkan hak-hak belajar kaum Pribumi di masa penjajahan Belanda. Ia mendirikan lembaga pendidikan dengan nama Taman Siswa di Yogyakarta, sehingga masyarakat yang semula kesulitan mengakses pendidikan bisa merasakan dunia pendidikan.

Atas jasa dan perjuangannya dalam dunia pendidikan, hari lahir Ki Hajar Dewantara sekarang diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2021.
"Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar".

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021"