SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Gelar Upacara Pelantikan Bantara

SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo Gelar Upacara Pelantikan Bantara

Pramuka merupakan sebuah pendidikan nonformal kepanduan yang mengajarkan nilai-nilai dan kecakapan hidup. Keanggotaan dalam Pramuka digolongkan menjadi 4 tingkatan yaitu: Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

Pramuka Siaga merupakan tingkatan dasar dalam pramuka dengan anggota yang berusia 7 sampai dengan 10 tahun atau anak usia SD. Tingkatan kecakapan umum Pramuka Siaga terdiri dari Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata. 

Pramuka Penggalang merupakan anggota yang berusia 11 sampai dengan 15 tahun atau usia anak SMP. Tingkatan kecakapan umum Pramuka Penggalang terdiri dari Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda.

Pramuka Penegak merupakan anggota yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun atau setara usia anak SMA. Tingkatan pramuka Penegak terdiri dari Penegak Tamu, Penegak Bantara, dan Penegak Laksana. Pendidikan kepramukaan di tingkat penegak menekankan pada terbentuknya kepribadian dan keterampilan agar dapat ikut serta membangun masyarakat melalui kegiatan belajar, melakukan, bekerja kelompok, dan berkompetisi.

Pramuka Pandega merupakan anggota yang berusia 21 sampai dengan 25 tahun. Tingkatan pramuka Pandega ada di Gugus Depan (Rancana) Kwartir.

Untuk mencapai tingkatan tertentu dalam Pramuka, anggota Pramuka wajib melakuakn syarat-syarat tertentu dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU). Setelah lulus dalam menjalankan SKU, maka anggota pramuka dilantik melalui upacara pelantikan Pramuka.

SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo mengadakan upacara pelantikan Bantara pada hari Jumat 19 Agustus 2022. Siswa-siswi yang sudah memenuhi Syarat Kecakapan Umum Penegak Bantara mengikuti upacara pelantikan Bantara yang diadakan di halaman belakang SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo.

Sebagai tanda sudah naik tingkat ke dalam tingkat Penegak Bantara, siswa-siswi SMA Kristen Kalam Kudus Surakarta mengenakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang ditempatkan di bagian bahu kanan dan kiri yang berupa gambar dua tunas kelapa dan bintang berwarna kuning dengan latar berwarna hijau.
Tanda Kecakapan Umum (TKU) BANTARA

Warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran berarti seorang Bantara harus menjaga kesuburan dan kemakmuran Negara kesatuan Republik Indonesia dan warna hijau melambangkan diri yang berkembang yang selalu tumbuh untuk mencari tau banyak hal untuk kemajuan Negara. Dua tunas kelapa melambangkan keseimbangan pramuka penegak putra dan putri. Bintang melambangkan seorang penegak bantara harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Warna kuning melambangkan keluhuran dan kejayaan pramuka.

0 Komentar