Renungan Harian: Selasa, 2 November 2021 - Teladan dalam Bersyukur

Renungan Harian: Selasa, 2 November 2021 - Teladan dalam Bersyukur

Selasa, 2 November 2021

Teladan dalam Bersyukur

Bacaan Alkitab: Lukas 10:21-24

Membiasakan diri untuk bersyukur merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Ucapan syukur akan terungkap dari hati, karena kita memiliki Tuhan Yesus sebagai teladan sejati kita. Hal ini dilatarbelakangi dengan peristiwa Tuhan Yesus mengutus ketujuh puluh murid untuk memberitakan Injil ke berbagai kota yang hendak dikunjungi oleh Yesus. Selesai memberitakan Injil, mereka kembali dengan gembira dan berkata, “Tuhan, setan-setan takluk kepada kami demi nama-MU” (Luk. 10:17). Sungguh suasana yang membahagiakan terjadi diantara tujuh puluh murid itu.

Teladan mengucap syukur nyata dilakukan oleh Yesus terhadap keberhasilan ketujuh puluh murid tersebut. “Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus…”. Kegembiraan Tuhan Yesus diekspresikan dengan sikap bersyukur kepada Bapa karena pelayanan para murid dibuat-Nya berhasil. Sungguh, ekspresi sukacita membuat rasa gembira dan menggerakkan hati untuk mengucap syukur.

Ada dua alasan Tuhan Yesus mengucap syukur kepada Bapanya. Pertama Tuhan Yesus memandang keberhasilan para murid (orang-orang yang sederhana itu) untuk memberitakan Injil itu bukan karena kuasa-Nya sendiri, namun karena kuasa yang berasal dari Bapa, Pencipta langit dan bumi. Kedua, Tuhan Yesus bersyukur karena Bapa berkenan memberikan anugerah dan karunia kepada para murid itu, sehingga semakin banyak orang menjadi percaya.

Tuhan Yesus telah memberikan teladan kepada kita, sekalipun Dia adalah Tuhan, tetapi Dia tetap tunduk kepada kehendak Bapanya. Keberhasilan yang diraih, bukan berasal dari diri-Nya sendiri, melainkan bersumber dari Bapa. Mari kita mengingat kasih dan anugerah yang Tuhan berikan kepada kita. Mari kita mengingat orang-orang yang pertama memberitakan Injil Tuhan, sehingga kita menjadi orang percaya. Mari kita mengucap syukur untuk semua itu.


Tuhan Yesuslah Menjadi Teladan Sejati Dalam Mengucapkan Syukur

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 2 November 2021 - Teladan dalam Bersyukur"