Renungan Harian: Selasa, 1 Juni 2021 - Berdoa untuk Negara

Renungan Harian: Selasa, 1 Juni 2021 - Berdoa untuk Negara


SELASA, 1 JUNI 2021

BERDOA UNTUK NEGARA

Bacaan Alkitab: Daniel 9:5-19

Apa yang dilakukan oleh Daniel ketika mendengar bahwa negerinya telah menjadi puing-puing? Pada waktu itu ia tinggal sebagai tawanan di Babel Daniel mengambil waktu untuk berdoa dan puasa dengan berkain kabung bagi bangsanya. Perhatikanlah doa Daniel ini: “Kami telah berbuat dosa dan salah, kami telah berlaku fasik dan telah memberontak...” (5). “Ya Tuhan, sesuai dengan belas kasihan-Mu, biarlah kiranya murka dan amarah-Mu berlalu dari Yerusalem, kota-Mu, gunung-Mu yang kudus; sebab oleh karena dosa kami dan oleh karena kesalahan nenek moyang kami maka Yerusalem dan umat-Mu telah menjadi cela bagi semua orang yang di sekeliling kami." (16). "Oleh sebab itu, dengarkanlah, ya Allah kami, doa hamba-Mu ...” Ya, Tuhan, ampunilah! Ya Tuhan, perhatikanlah dan bertindaklah dengan tidak bertangguh, oleh karena Engkau sendiri, Allahku, sebab kotaMu dan umatMu disebut dengan nama-Mu!” (19).Sungguh mengharukan bukan? 

Kata "kami" menunjukkan bahwa dirinya sejajar dengan bangsa Israel. Sesungguhnya Israel yang menjauh dan tidak taat kepada Allah, sebaliknya Daniel mengutamakan Tuhan dalam hidupnya. Namun rasa cinta Daniel kepada negerinya membuat hatinya sedih. Ini bukti kerendahan hati Daniel. Ia tidak menjadi sombong karena kesalehannya, sebaliknya merasa prihatin atas dosa Israel. 

Ia tidak menjadi marah atau kecewa kepada Allah karena hidup menjadi tawanan di Babel. Penderitaan, kedukaan dan kesengsaraan bangsanya, ia pun turut merasakannya, namun ia tetap bagian dari bangsa yang berperilaku fasik, menyimpang dan berbuat dosa. Karena itu tidak ada cara lain yang dapat Daiel lakukan selain berdoa untuk bangsanya. Ini salah satu bukti bahwa ia mengasihi dan peduli kepada bangsanya.

Kita adalah warga negara Indonesia. Kita juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk mendoakan keutuhan negara kesatuan RI. Mungkin kita tidak dapat melakukan hal-hal yang besar, namun hal sederhana dapat kita lakukan untuk bangsa ini adalah dengan mendoakannya. Di tengah berbagai problem yang dialami bangsa kita, banyak peristiwa yang tidak dapat kita pahami, bagian kita adalah berdoa dan bagian Tuhan adalah menjawab doa kita menurut kehendak-Nya. Adakah kita tekun berdoa untuk bangsa dan negara kita ?

Posting Komentar untuk "Renungan Harian: Selasa, 1 Juni 2021 - Berdoa untuk Negara"