Renungan Harian: Senin, 19 Oktober 2020 - Penatalayanan atas Bumi

Renungan Harian: Senin, 19 Oktober 2020 - Penatalayanan atas Bumi


SENIN, 19 OKTOBER 2020

PENATALAYANAN ATAS BUMI

Bacaan Alkitab: Kolose 1:15-23

Istilah “penatalayan” menunjukkan seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola milik orang lain. Dalam kekristenan, istilah ini biasanya dipakai berkaitan dengan bagaimana kita menggunakan waktu, harta, dan talenta milik Tuhan. Bagaimana dengan penatalayanan atas bumi? Surat Kolose mengungkapkan keutamaan Kristus atas segala sesuatu, termasuk bumi di mana kita tinggal. Penjelasannya? Kristus lebih dahulu ada daripada segala sesuatu. Dalam Kristus segala sesuatu menyatu dan diperdamaikan. Segala sesuatu diciptakan oleh dan untuk Kristus. 

Apa bedanya sikap kita dengan mengetahui bahwa dunia dan segala isinya diciptakan oleh dan untuk Kristus? Kita perlu menjaga kesadaran bahwa alam semesta ialah milik-Nya. Dan, bahwa ketika kita menyalahgunakan dan menyia-nyiakan alam ciptaan-Nya, kita berarti sedang merusak dan merampok milik-Nya. Dari kesaksian Alkitab kita mendapati bahwa Tuhan bukan hanya bersukacita ketika mencipta dan memelihara manusia, melainkan juga ketika Dia mencipta dan memelihara alam semesta. Sejak semula, Tuhan melibatkan kita untuk menjadi penatalayan atas ciptaan-Nya (lihat Kejadian 1:26,28; 2:15). Ini adalah dasar mengapa kita perlu menjaga bumi milik Tuhan ini dengan bertanggung jawab, bagi kemuliaan-Nya.

Mari kita menghormati Tuhan dengan mengurangi limbah, mengurangi penggunaan energi, dan mengembangkan gaya hidup yang ramah terhadap bumi. Marilah mendorong orang-orang dalam lingkar pengaruh kita untuk melakukan hal yang sama. Sudahkah kita menunjukkan keramahan terhadap bumi ciptaan Allah ini?


Sikap yang keliru terhadap ciptaan Tuhan 
menunjukkan sikap yang keliru terhadap Tuhan


0 Komentar