Siswa Kelas 4 SD Kalam Kudus Belajar di Puro Mangkunegaran

Siswa Kelas 4 SD Kalam Kudus Belajar di Puro Mangkunegaran

Rabu, 17 Oktober 2018, Siswa Kelas 4 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta tidak belajar di dalam kelas seperti biasanya. Pagi itu, Mereka belajar di Puro Mangkunegaran, Surakarta sebagai bagian dari pembelajaran variatif 2018.

Siswa-siswi kelas 4 ini terlebih dulu berkumpul di pintu masuk Puro Mangkunegaran untuk mendengar beberapa pengarahan dari Bapak dan Ibu Guru SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Setelah mendapat pengarahan, Mereka pun mulai masuk ke area Puro Mangkunegaran. Siswa kelas 4 beserta Guru pendamping mulai berkeliling di area Puro Mangkunegaran ditemani oleh beberapa pemandu. Pemandu menunjukkan serta menjelaskan tentang bangunan-bangunan utama antara lain: Pendopo Ageng, Ndalem Ageng, Keputren, dan tempat lainnya. Di depan Pendopo Ageng, Siswa-siswi kelas 4 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta berhenti sejenak dan menyempatkan untuk berfoto.

Memasuki Pendopo Ageng, ada peraturan yang harus dipatuhi, salah satunya adalah melepas semua alas kaki. Tampaknya hari itu adalah hari keberuntungan bagi siswa-siswi kelas 4. Hari Rabu adalah hari latihan tari lengkap dengan alunan musik Gamelan, jadi siswa-siswi kelas 4 ini serasa disuguhi tarian adat Jawa.

Setelah menikmati latihan tari di Pendopo Ageng, siswa kelas 4 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ini menuju ke Ndalem Ageng. Ada satu peraturan lagi yang harus dipatuhi ketika memasuki Ndalem Ageng, yaitu tidak boleh mengambil foto. Kemudian, pemandu mengajak siswa-siswi kelas 4 ini menuju tempat Keputren yang ditanami banyak tanaman, sehingga terasa suasana sejuk. Di Keputren ini, siswa kelas 4 beserta guru pendamping menyempatkan diri untuk berfoto mengabadikan kegiatan pembelajaran variatif ini

Kegiatan pembelaran variatif kelas 4 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta berakhir. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa bisa mengenal sejarah, budaya, adat, serta tradisi yang ada di kota Surakarta.

0 Komentar