Siswa Kelas 5 SD Kristen Kalam Kudus Belajar Membuat Gethuk

Siswa Kelas 5 SD Kristen Kalam Kudus Belajar Membuat Gethuk

SD Kristen Kalam Kudus Surakarta bekerja sama dengan Gethuk Semar mengadakan kegiatan pembelajaran variatif untuk siswa kelas 5 pada hari Rabu, 18 Oktober 2017. SD Kristen Kalam Kudus Surakarta khusus mengundang Tim dari Gethuk Semar untuk mengajarkan siswa-siswinya belajar membuat Gethuk.

Tim dari Gethuk Semar mengenalkan apa itu Gethuk dan bahan-bahan apa saja pembuat Gethuk. Bahan utam apembuat Gethuk adalah Singkong. Tim dari Gethuk Semar mengajarkan memilih Singkong yang bagus untuk membuat Gethuk serta mengajarkan beberapa siswa putra untuk mengupas kulit singkong. Sedangkan untuk siswa putri diajak untuk mencuci singkong yang sudah dikupas.

Setelah Singkong dicuci, kini masuk ke proses selanjutnya, yaitu pemarutan Singkong. Singkong diparut dan kemudian dicetak menjadi balok-balok kecil. Tetapi untuk pembelajaran variatif ini, siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta diberi kesempatan untuk membentuk Gethuk sesuai selera dan keinginan masing-masing. Beberpa siswa terlihat membentuknya menjadi bola-bola kecil dan balok memajang. Tetapi ada beberapa siswa yang membentuknya menjadi bentuk hewan-hewan lucu.

Dengan adanya kegiatan pembelajaran variatif ini, diharapkan siswa kelas 5 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta bisa lebih mengenal makanan tradisional Gethuk.



0 Komentar