Kenalkan Pramuka Sejak Dini, SD Kristen Kalam Kudus Gelar PERSAMI - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Senin, 14 Agustus 2017

Kenalkan Pramuka Sejak Dini, SD Kristen Kalam Kudus Gelar PERSAMI

Kenalkan Pramuka Sejak Dini, SD Kristen Kalam Kudus Gelar PERSAMI
Kenalkan Pramuka Sejak Dini, SD Kristen Kalam Kudus Gelar PERSAMI

Siang itu beberapa siswa SD Kristen Kalam Kudus beristirahat di dalam tenda yang berdiri di halaman tengah, beberapa siswa juga tampak sedang mengenakan hasduk. Siswa siswi ini mengikuti kegiatan PERSAMI yang rutin diadakan setiap tahunnya oleh SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Kegiatan PERSAMI ini diadakan untuk mengenalkan siswa tentang Pramuka dan Pendidikan Kepanduan yang dikemas dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis serta dilakukan di alam terbuka.

Kegiatan PERSAMI diawali dengan upacara pembuka dengan pengibaran bendera Merah Putih. Siswa-siswi yang masuk dalam tingkatan Siaga ini terlihat khidmat mengikuti upacara pembukaan. Setelah kegiatan PERSAMI dibuka, kakak-kakak Pembina yang juga Guru SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ini membekali adik-adik Siaga tentang jadwal dan teknis kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu. Setelah itu, adik-adik Siaga yang juga disebut anak didik ini diberi waktu untuk istirahat dan bersiap-siap untuk kegiatan selanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan jelajah lingkungan sekitar SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Masing-masing regu lengkap dengan atribut bendera regu mulai menjelajah lingkungan dengan rute yang sudah ditentukan. Di rute yang dilewati, terdapat pos-pos yang sudah disiapkan oleh kakak pembina. Setiap pos sudah menanti beberapa kakak pembina untuk memberikan tugas-tugas yang masih berhubungan dengan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam Pramuka. Anak didik harus menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, tetapi sebelum menyelesaikan tugas, mereka wajib menampilkan yel-yel yang sudah dipersiapkan dari awal.

Tak terasa, hari sudah menginjak petang, terlihat siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus beristirahat sembari menunggu giliran untuk mandi. Beranjak malam, mereka sudah berkumpul di lapangan dan memutari api unggun yang sudah disapkan kakak-kakak Pembina. Sepuluh siswa yang ditunjuk tampak membawa obor dan berurutan mengucapkan Dasa Dharma Pramuka. Setelah itu, diadakan pentas seni untuk masing-masing regu.

Keesokan harinya, siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengikuti Ibadah pagi dan kegiatan hari itu ditutup dengan upacara penutupan.





































































Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta