Serunya PPL SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Maret 2017

Serunya PPL SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Maret 2017

SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan Program Pengenalan Lingkungan (PPL) untuk siswa kelas I sampai kelas V pada hari 21-23 Maret 2017 di tempat berbeda. Tujuan diadakannya PPL untuk siswa kelas I hingga kelas V adalah untuk mengenali potensi diri siswa; menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar yang efektif; mengembangkan interaksi positif antara siswa dan lingkungan yang dikunjungi; serta menumbuhkan sikap  kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat.

Kelas I dan Kelas II
Kelas I dan kelas II mengadakan PPL di Ekowisata Taman Air, Tlatar, Boyolali, Jawa Tengah pada hari Selasa, 21 Maret 2017. Siswa kelas I dan II mengikuti banyak kegiatan dan permainan yang bertema alam. Pertama-tama, siswa kelas I dan II diajak untuk pemanasan dengan senam yang dikemas dengan menarik agar mereka antusias mengikuti kegiatan pembuka. Setelah melakukan pemanasan, siswa-siswi ini dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk melakukan permainan dan kegiatan outbound. Beberapa siswa tampak naik tangga menuju ke tempat tinggi, mereka sedang melakukan kegiatan flying fox. siswa lainnya tampak berlarian di dalam arena labirin, sedangkan yang lainnya meniti tali dan mencari bola dengan warna terentu di dalam kolam.

Kelompok siswa lainnya terlihat berlarian membawa spons, mereka sedang berlomba memindahkan air dengan spons. Kelompok siswa yang lain antusias mengikuti lomba bakiak. Selain lomba siswa diajak juga melakukan kegiatan alam seperti menanam padi, memberi makan Ikan, dan memandikan Kerbau.

Kelas III
Kelas III SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan PPL di Agro Center Hortimart, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah pada hari Rabu, 22 Maret 2017. Siswa kelas III diajak melakukan kegiatan berkebun, antara lain mencoba menanam tanaman dengan polybag dan memanen buah Pepaya yang sudah masak di kebun. Mereka juga diajak untuk melihat produk buah dan sayur organik.

Kelas IV
Kelas IV SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan PPL di PT. Sinar Sosro, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah pada hari Kamis, 23 Maret 2017. Mereka belajar tentang proses produksi Teh dalam kemasan di ruang produksi. Selain belajar tentang produksi, siswa kelas IV ini juga belajar tentang sejarah Teh dan tradisi minuman Teh di Indonesia.

Kelas V
Kelas V SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadakan kegiatan PPL di Perusahaan Susu Cimory, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah pada hari Selasa, 21 Maret 2017. Siswa kelas V diajak untuk mengenal asal susu dan Sapi Perah. Mereka diajarkan tentang peranakan Sapi dari The Jersey, The Guernsey, The Illawarra, The Aussie red, The Ayrshire, The Brown Swiss, dan The Friesian Holsteiner. Setelah belajar tentang peranakan Sapi dan Sapi Perah, mereka diajak untuk bertemu langsung dengan Sapi Perah dan belajar untuk memerah Susu Sapi.

Dengan adanya kegiatan Program Pengenalan Lingkungan (PPL) ini diharapkan siswa-siswi SD Kristen Kalam Kudus Surakarta bisa belajar banyak hal serta serta mempunyai sikap  kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat.

0 Komentar