Retreat Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta - Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta

Jumat, 24 Februari 2017

Retreat Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

Retreat Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta
Retreat Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

“Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku” - Matius 16:24

Siswa-siswi Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta mengikuti kegiatan Retreat yang diadakan di Wisma doa El-Betel, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah pada tanggal 22-24 Februari 2017. Retreat yang diadakan selama 3 hari tersebut mengusung tema “Menjadi Murid Kristus”. Tujuan diadakanya kegiatan Retreat untuk Siswa Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ini adalah agar Siswa menyadari bahwa mereka membutuhkan Juruselamat dalam hidup mereka sehingga mau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi, Siswa menyadari bahwa Yesus adalah Sang Guru Agung dan kita murid-Nya yang berarti harus menjadi pengikut-Nya dan memiliki sikap sebagaimana seorang murid (bertanggung jawab, hidup kudus), dan Siswa diteguhkan untuk menjadi murid Kristus yang teguh menghadapi tantangan (secara khusus mempersiapkan siswa dalam menghadapi UN).

Hari pertama
Siswa Kelas 6 berangkat dari SD Kristen Kalam Kudus Surakarta dengan menggunakan Bus pada pukul 10.00 WIB dan sampai di lokasi Retreat, Wisma El-Betel pada pukul 11.30 WIB. Sesampainya di Wisma El-Betel, Siswa-siswi Kelas 6 diajak untuk berfoto bersama untuk mebadikan momen Retreat yang diadakan setiap tahunnya untuk kelas 6 ini. Kemudian, siswa masuk kamar yang sudah disediakan untuk sekedar beristirahat, makan siang, dan mempersiapkan diri untuk Ibadah pembukaan.

Sore itu, Siswa-siswi sudah tampak rapi dan memasuki aula untuk mengikuti Ibadah pembukaan. Ibadah pembukaan retreat Siswa kelas 6 ini mengambil tema utama, yaitu “Menjadi Murid Kristus”. Ibadah sore itu dipandu oleh Bapak Ari Tamtomo dengan pembicara Bapak Grace Son Nassa.

Menginjak petang, siswa-siswi kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus mengikuti acara session 1 yang mengambil sub tema “Pengikut atau Penggemar?”. Acara session pertama ini dupandu oleh Bapak Ari Tamtomo dengan pembicara Ibu Titi Prastiwi. Setelah Acara session 1 selesai, siswa diberi waktu untuk istirahat dan makan malam.

Menginjak malam hari, siswa diajak untuk mengikuti acara berikutnya, yaitu session 2 dengan sub tema “Murid yang Bertanggung Jawab”. Acara Session kedua ini, dipandu oleh Ibu Wahyu Widyatmi dengan pembicara Ibu Melur Dewi. Acara hari pertama Retreat Kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta ditutup dengan acara pengakraban yang dipandu oleh Bapak Ari Tamtomo dan Bapak Johanes Adinda Ch.

Hari Kedua
Hari kedua, Siswa-siswi disambut dengan sejuknya udara khas pegunungan. Pagi itu, meraka diajak untuk belajar doa pagi dalam kelompok-kelompok kecil. Selain doa pagi, dalam setiap kelompok siswa diajarkan untuk merenungkan Firman Tuhan dan membagikannya dalam kelompok. Setelah menyegarkan rohani, siswa kelas 6 ini diajak oleh Bapak Djoko Muljono yang juga Guru Olah raga untuk menyegarkan jasmani dengan melakukan senam pagi. Setelah senam pagi selesai, mereka diberi waktu untuk beristirahat, mandi, sarapan, dan mempersiapkan diri untuk memasuki acara selanjutnya.

Pagi itu, siswa-siswi kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta sudah terlihat rapi dan siap untuk mengikuti Session III. Session III dipandu oleh Bapak Daniel dan Bapak Haryanto dengan Pembicara Bapak Wong. Bapak Wong mengambil sub tema yaitu “Hidup Kudus Murid Kristus”. Setelah mendengarkan Firman Tuhan yang dibawakan Bapak Wong, siswa-siswi kelas 6 ini rehat sejenak sekedar untuk menikmati makanan ringan dan sejuknya udara pegunungan.

Menjelang siang hari, siswa mengikuti session IV yang mengambil sub tema “Sudahkan Saya Menjadi Murid Kristus?”. Session yang juga diadakan KKR ini dipandu oleh MC Bapak Tri dan pembicara Ev. Kristian.

Acara selanjutnya adalah kegiatan Out Bond. Siswa mengikuti kegiatan Out Bond di lingkungan sekitar Wisma El-Betel. Kegiatan siang sampai sore hari itu dipandu oleh Bapak Ari dan bapak Joko. setelah lelah menjelajah lingkungan WIsma El-Betel dan melakukan banyak permainan, siswa diberi kesempatan untuk beristirahat, mandi, dan mempersiapkan diri untuk kegiatan nanti malam.

Senja berganti malam, siswa diajak untuk mengikuti kegiatan Talent Show. Kegiatan Talent Show malam itu dipandu oleh Bp. Tri Yulianto dan Bp. Alex. Kemeriahan saat itu mengalahkan dinginnya udara pegunungan. Malam sudah larut, siswa kelas 6 ini pun sudah terlelap.

Hari Ketiga
Hari terakhir kegiatan retreat ini diawali dengan doa pagi, renungan bersama, sharing, dan doa kelompok. Doa pagi ini dipandu oleh Ibu Wiwid dan juga Guru pendamping. Setelah menerima santapan rohani, siswa kelas 6 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta selanjutnya mendi dan meneripa santapan jasmani, serta mengikuti acara terakhir, yaitu Ibadah penutup. Ibadah penutup mengambil sub tema “Komitmen Murid Kristus” dengan MC Ibu Wiwid dan  Bapak Hery, serta pembicara Bapak Grace Son Nassa.

Setelah mengikuti Ibadah penutup, siswa masuk ke Session Review dan Pengumuman Pemenang lomba yang dipandu oleh Bapak Tri dan Bapak Kris. Kemudian merekapun mempersiapkan diri untuk pulang. Siswa kelas 6 pulang ke Surakarta dengan meggunakan bus dan sampai di SD Kristen Kalam Kudus Surakarta pukul 12.30 WIB.

Semoga pembekalan kerohanian dan pemeliharaan iman sejak kecil melalui retreat ini dapat membimbing siswa agar menyadari bahwa mereka membutuhkan Juruselamat dalam hidup mereka sehingga mau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi, menyadari bahwa Yesus adalah Sang Guru Agung dan kita murid-Nya yang berarti harus menjadi pengikut-Nya dan memiliki sikap sebagaimana seorang murid (bertanggung jawab, hidup kudus), serta diteguhkan untuk menjadi murid Kristus yang teguh menghadapi tantangan (secara khusus mempersiapkan siswa dalam menghadapi UN).



Baca Rekomendasi Terkait Lainnya

Baca Rekomendasi Kategori Lain

© 2016 - | Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta