Twibbon HUT Ke-78 Republik Indonesia Tahun 2023

Twibbon HUT Ke-78 Republik Indonesia Tahun 2023

Bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada bulan inilah, Indonesia lepas dari cengkeraman penjajah dan menyatakan kemerdekaannya sebagai suatu negara yang berdaulat. Kemerdekaan Republik Indonesia ini ditandai oleh peristiwa penting, yaitu proklamasi.

Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan oleh Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peristiwa global di luar negeri dan di dalam negeri. Kala itu, Awal bulan Agustus, ada kabar bahwa pasukan Jepang yang menguasai Indonesia berada di ambang kekalahan dan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan dalam beberapa hari.

Pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda pejuang kemerdekaan Indonesia membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan adalah agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang serta mendesak agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Setelah peristiwa Rengasdengklok, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta untuk menyusun teks proklamasi. Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo, dan disaksikan oleh Soekardi, B.M. Diah, Sudiro, dan Sayuti Melik. Teks Proklamasi ditulis oleh Soekarno sendiri. Setelah selesai disepakati, Sayuti Melik menyalin dan mengetik teks tersebut menggunakan mesin tik milik Mayor Dr. Hermanto Kusumobroto.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, tepatnya pukul 10.00 pagi, Ir. Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi dan pidato singkat. Setelah itu bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dikibarkan dan semua yang hadir dalam peristiwa itu menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Isi Teks Proklamasi Versi Ketikan
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan Kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta.


Dengan demikian, proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia dan diadakan upacara bendera.

Tahun 2023, Republik Indonesia merayakan Hari Ulang tahun yang ke-78. Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun ini mengangkat tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Dengan tema yang diangkat pada tahun ini, diharapkan agar kita sebagai warga negara Indonesia dapat terus maju melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Mari kita gunakan Twibbon di bawah ini sebagai wujud rasa semangat kita untuk memeriahkan peringatan ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia!

Berikut ini adalah tutorial mengupload foto menggunakan Twibbon:
  1. Klik link Twibbon ini https://skkk.us/hut78ri
  2. Pilihlah foto yang Anda ingin pasang di Twibbon dengan cara klik Pilih Foto
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik Crop! lalu tunggu proses mengunggah selesai
  5. Terakhir, klik Download! untuk mengunduh file Twibbon

0 Komentar