Selamat Hari Anak Nasional 2022 - Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Selamat Hari Anak Nasional 2022 - Anak Terlindungi, Indonesia Maju

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati tanggal 23 Juli tahunnya. Menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tahun 2022, Hari Anak Nasional masih diselenggarakan di tengah-tengah pandemi yang berdampak besar pada anak-anak, sehingga Hari Anak Nasional tahun ini diberi tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Diambilnya tema ini diharapkan memberikan semangat dan motivasi bahwa pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap memperingati Hari Anak Nasional.

Sejarah Hari Anak Nasional
Hari Anak Nasional beerkaitan erat dengan Kongres Wanita Indonesia atau sering disebut Konwani. Kowani adalah organisasi kaum perempuan Indonesia yang embrionya tercetus sejak Kongres Perempuan Indonesia I pada 22 Desember 1928, atau beberapa pekan setelah Sumpah Pemuda.

Sidang Konwani tahun 1951 melahirkan beberapa keputusan, salah satunya tentang mengupayakan peringatan Hari Anak Nasional. Upaya Konwani untuk memperingati Hari Anak Nasional tersebut ditindaklanjuti dengan digelarnya Pekan Kanak-Kanak pada 1952. Dalam kegiatan ini, anak-anak berpawai di Istana Merdeka dan disambut langsung oleh Presiden.

Dalam Sidang Kowani tahun berikutnya, peringatan Hari Anak Nasional dirumuskan lebih serius lagi. Kegiatan peringatan Hari Anak Nasional akan rutin dilaksanakan setiap pekan kedua bulan Juli, atau saat liburan kenaikan kelas. Rekomendasi ini disetujui oleh pemerintah.

Tanggal peringatan Hari Anak Nasional beberapa kali mengalami perubahan. Hingga akhirnya, Presiden saat itu mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Ditetapkannya tanggal 23 Juli ini disesuaikan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Hingga sekarang, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.


Selamat Hari Anak Nasional 2022 "Anak Terlindungi, Indonesia Maju"

0 Komentar