Hari Pahlawan, 10 November 2021

 

Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2021

Hari Pahlawan memperingati peristiwa 10 November 1945 bermula saat tentara Inggris mendarat di Surabaya pada 25 Oktober 1945.Tentara Inggris termasuk dalam kelompok sekutu atau Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI). Pihak Netherlands Indies Civil Administration (NICA) juga ikut membonceng dan tiba di Surabaya. Pertempuran di kota tersebut menjadi simbol nasional perlawanan Indonesia atas kolonialisme. Ini adalah peperangan pertama Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi. Perlawanan itu juga disebut sebagai yang terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional.

Gencatan senjata dari pihak Inggris dan Indonesia ditandatangani pada 29 Oktober 1945 dan keadaan berangsur reda. Namun, bentrokan tetap terjadi di Surabaya. Ini terjadi terutama di Hotel Yamato. Di tempat tersebut, tentara Belanda mengibarkan bendera Belanda di puncak Hotel Yamato. Akibatnya, penduduk Surabaya memanas. Perwakilan dari rakyat Surabaya, Residen Soedirman bersama Sidik dan hariyono bertemu tentara Belanda WVC di Hotel Yamato. Mereka meminta pihak lawan menurunkan Benderanya. Belanda yang menolak dan bahkan mengancam dengan pistol menyebabkan perkelahian di lobi hotel. Sejak inilah bentrokan makin kerap terjadi.

Puncak bentrok ditandai dengan terbunuhnya Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur, pada 30 Oktober 1945.Kematian itu menghasilkan kemarahan Inggris. Pengganti Mallaby, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh pun mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945. Isi ultimatum ini adalah agar Indonesia menyerahkan senjata serta berhenti melawan tentara AFNEI dan administrasi NICA. Isinya juga tentang ancaman bahwa Kota Surabaya akan digempur dari darat, laut, dan udara jika Indonesia tidak mematuhinya.

Di samping itu, Inggris juga mengeluarkan perintah agar seluruh pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda Surabaya datang paling lambat 10 November 1945 pada jam 06.00 pagi di tempat yang ditentukan. Ultimatum ini tidak diindahkan oleh masyarakat Surabaya. Sehingga, meletuslah pertempuran pada 10 November 1945 kurang lebih selama tiga minggu. Medan di Surabaya kemudian mendapat julukan 'neraka' karena banyaknya kerugian. Ada 20 ribu rakyat Surabaya menjadi korban dan 150 ribu orang terpaksa meninggalkan kota tersebut. Dari pihak Inggris ada 1.600 prajurit tewas, hilang, dan luka-luka serta puluhan alat perang rusak maupun hancur. Dengan banyaknya pejuang yang gugur, rakyat menjadi korban, dan semangat tak kenal menyerah membuat Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan.

Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Tujuan memperingati Hari Pahlawan adalah untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia. 
Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”.

Tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini adalah "PAHLAWANKU INSPIRASIKU". Mari kita gunakan Twibbon di bawah ini sebagai wujud rasa semangat kepahlawanan untuk memeriahkan peringatan Hari Pahlawan!

Berikut ini adalah tutorial mengupload foto menggunakan Twibbon:
  1. Klik link Twibbon ini: https://skkk.id/haripahlawan2021
  2. Pilihlah foto yang Anda ingin pasang di Twibbon dengan cara klik Pilih Foto
  3. Atur posisi foto (bisa melihat preview foto twibbonnya di bagian bawah)
  4. Jika dirasa sudah pas, klik Crop! lalu tunggu proses mengunggah selesai
  5. Terakhir, klik Download! untuk mengunduh file Twibbon
PAHLAWANKU INSPIRASIKU!

Posting Komentar untuk "Hari Pahlawan, 10 November 2021"