Selamat Hari Palang Merah Internasional

Selamat Hari Palang Merah Internasional

Hari ini, tanggal 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional. Alasan ditetapkannya tanggal 8 Mei sebagai Hari Palang Merah Internasional karena tanggal 8 Mei adalah lahir Henry Dunant. Henry Dunant merupakan tokoh pendiri dari International Committee of the Red Cross (ICRC) atau Komite Internasional Palang Merah.

Sejarah bermulanya Palang Merah berawal pada tahun 1859 ketika terjadi perang di Kota Solferino, Italia Utara. Henry Dunant, seorang warga negara Swiss, terjebak di kota itu. Ia menyaksikan begitu mengerikannya medan perang dan melihat puluhan ribu orang yang menjadi korban perang tidak bisa tertangani semua oleh tim medis. Bersama dengan penduduk setempat yang selamat, Henry Dunant membantu memberikan pertolongan.

Dari kejadian itulah Henry Dunant membuat sebuah gagasan untuk mendirikan sebuah organisasi kesehatan dan kemanusiaan tingkat internasional yang kita kenal dengan nama Palang Merah Internasional.

Atas usaha dan perjuangannya membentuk organisasi Palang Merah Internasional, Henry Dunant mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian.

Untuk menghargai Henry Dunant berkontibusi membentuk Palang Merah Internasional dalam membantu orang-orang di dunia, tanggal kelahirannya, yaitu 8 Mei 1828 diperingati sebagai hari Palang Merah Internasional.

Posting Komentar untuk "Selamat Hari Palang Merah Internasional"