Selamat Hari Bidan Internasional


Tanggal 5 Mei diperingati sebagai Hari Bidan Internasional atau International Day of The Midwife. Bidan dikenal sebagai sosok wanita yang memiliki pendidikan, kompetensi, kualifikasi, serta pengalaman yang tersertifikasi dalam prosedur melahirkan dan membantu para ibu melahirkan.

Bidan banyak berjasa bagi dunia, terutama bagi negara-negara berkembang pada saat tahun 1980-1990an. Bidan berperan dalam mengontrol janin saat masih dalam kandungan, memberikan pengetahuan seputar kesehatan kehamilan dan janin pada ibu yang mengandung serta kesehatan reproduksi. Kehadiran Bidan saat itu bisa mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir secara global.

Untuk menghargai peran penting dan jasa profesi Bidan bagi dunia, maka diperingatilah Hari Bidan Internasional. Peringatan ini dicetuskan pertama kali saat Konfederasi Bidan Internasional atau International Confederation of Midwives Conference pada tahun 1980an di Belanda. Setelah melalui proses yang panjang dan melewati sistem dari PBB, akhirnya pada awal 1990an diresmikanlah Hari Bidan Internasional yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Mei.


Terima kasih atas dedikasi Bidan-bidan terhadap ibu hamil dan bayi di dunia.
Selamat hari Bidan Internasional, 5 Mei 2021.

0 Komentar