Renungan Harian: Rabu, 8 Mei 2024 - Memikirkan Sukacita

Renungan Harian: Rabu, 8 Mei 2024 - Memikirkan Sukacita
Rabu, 8 Mei 2024

Memikirkan Sukacita

Bacaan Alkitab: Filipi 4:4-9

Dalam buku koleksi wawancara Bill Shapiro yang berjudul What We Keep (Apa yang Kita Simpan), setiap orang bercerita tentang satu benda yang mereka anggap sangat penting dan membawa kesenangan hingga orang itu tidak mau berpisah darinya.

Membaca hal tersebut membuat saya merenungkan apa benda milik saya yang sangat berarti dan membuat saya gembira. Salah satunya adalah buku yang berisi testimoni ucapan dari teman-teman saya semasa di seminari. Saat saya merasa lemah hati, saya akan membuka kembali buku tersebut dan membaca tulisan-tulisan mereka yang menguatkan saya. Orang lain mungkin menyimpan kenangan berharga—pujian yang membesarkan hati, gelak tawa cucu, atau pencerahan yang mereka dapatkan dari Alkitab.

Namun, sering kali, apa yang kita simpan dalam hati justru hal-hal yang membuat kita sangat tidak bahagia. Kekhawatiran—memang tersembunyi, tetapi siap melanda kapan saja. Kemarahan—tidak kelihatan di permukaan, tapi sewaktu-waktu siap meledak. Kebencian—diam-diam merusak dan mengotori pikiran kita. Dalam suratnya kepada jemaat di Filipi, Rasul Paulus mengajarkan cara “berpikir” yang lebih positif. Ia mendorong jemaat agar senantiasa bersukacita, baik hati, dan membawa segala keinginan dalam doa kepada Allah (Flp. 4:4-9).

Dorongan Paulus tentang apa yang sebaiknya kita pikirkan dapat menolong kita untuk melihat bahwa kita bisa mengenyahkan pikiran-pikiran buruk dan mengizinkan damai sejahtera Allah memelihara hati dan pikiran kita dalam Kristus Yesus (ay.7). Pada saat pikiran kita dipenuhi dengan semua yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, penuh kebajikan, dan patut dipuji maka damai sejahtera-Nya akan memerintah dalam hati kita (ay.8). Hal apa yang mendominasi pemikiran kita akhir-akhir ini? Kebencian pada orang lain? Atau pikiran-pikiran yang merendahkan diri sendiri? Mari memikirkan hal-hal yang telah dilakukan Allah, yang sudah memberikan sukacita pada kita. Dengan demikian, pikiran yang bersih itu akan membuat kita mampu bertindak lebih baik.


Kebersihan perilaku dimulai dari pikiran yang bersih

0 Komentar