Renungan Harian: Kamis, 16 Mei 2024 - “Bersih” = Kosong

Renungan Harian: Kamis, 16 Mei 2024 - “Bersih” = Kosong
Kamis, 16 Mei 2024

“Bersih” = Kosong

Bacaan Alkitab: Lukas 11:24-26

Kita sering mendengar kebersihan dikaitkan dengan iman. Orang yang bersih hatinya, berarti hatinya berisikan hal-hal yang baik, penuh ketulusan, dan dekat dengan Tuhan. Akan tetapi, dalam perumpamaan Tuhan Yesus ini, bersih tidak boleh diartikan seperti itu. Bersih di sini artinya kosong, tidak berpenghuni (ayat 25).

Bersih dalam arti seperti ini berarti keadaan yang berbahaya! Orang yang hatinya kosong berpotensi untuk diisi dengan berbagai hal apa saja. Dalam perumpamaan Tuhan Yesus ini dikatakan bahwa kekosongan rumah tersebut akhirnya dimanfaatkan oleh roh-roh jahat untuk menduduki dan menghuninya.

Apa sebenarnya yang mau diajarkan Tuhan Yesus melalui perumpamaan ini? Seseorang yang menerima anugerah Tuhan, tidak bisa merespons anugerah itu dengan masa bodoh. Dia harus membuka diri untuk menyambut anugerah itu dan hidup di dalam anugerah itu agar hidupnya berkembang sesuai dengan kelimpahan anugerah tersebut. Dengan demikian tidak ada kekosongan dalam hidupnya karena ia mengisinya dengan kebenaran firman Tuhan.

Bagaimana kita tahu bahwa seseorang telah mengisi hidupnya dengan anugerah Tuhan? Dari buahnya, yaitu hidup yang diubahkan karena melakukan firman Tuhan. Seseorang bisa saja gembar-gembor dirinya orang Kristen, tetapi yang membuktikan dirinya Kristen sejati ialah buah yang dihasilkannya. Mari menghasilkan buah-buah kebenaran dalam kehidupan ini sehingga kita diperkenan Tuhan dan menjadi berkat bagi banyak orang.


Hidup menjadi tak berarti saat kehidupan rohani kita mengalami kematian

0 Komentar