Renungan Harian: Selasa, 23 April 2024 - Relasi Atau Transaksi

Renungan Harian: Selasa, 23 April 2024 - Relasi Atau Transaksi

Selasa, 23 April 2024

Relasi Atau Transaksi

Bacaan Alkitab: Mazmur 103:1-14

Seorang pengelana telah menempuh ribuan kilometer hendak bertemu dengan salah satu dewa terhebat yang sanggup untuk menyembuhkan penyakit anaknya. Banyak tempat yang sudah dia kunjungi namun belum juga ia temukan dewa yang hebat dan sanggup untuk menolong anaknya. Hingga suatu hari dia bertemu dengan seorang kakek tua, berjenggot panjang mengenakan jubah putih dengan tongkatnya yang panjang. Selesai menceritakan masalahnya, kakek tua itu menyuruhnya pulang dan menjamin bahwa ia sanggup untuk menyembuhkan anaknya asalkan sekantong uang emas selalu ia kirimkan tepat waktu. Pesan terakhir kakek itu kepadanya, “makin engkau sering datang, makin umur panjang serta sehat selalu anakmu.”

Suatu hubungan dapat terjalin karena ada kepentingan dan keuntungan. Jika keinginan tuan dipenuhi, maka umat akan menerima ganjarannya. Tetapi kalau tidak memenuhinya, maka kesusahan sudah menanti. Inilah hubungan transaksional. Kata transaksi dalam KBBI artinya: persetujuan kedua belah pihak atau pemberesan atau pelunasan pembayaran. Sedangkan kata relasi artinya hubungan, pertalian, kenalan.

Hubungan Allah dengan kita adalah hubungan relasi, bukan transaksi. Hal ini dibuktikan dengan kekuatan kasih dan anugerah Allah yang diberikan kepada orang percaya. Selalu ada ruang agar kita menyadari kesalahan dan datang kepada Allah untuk mendapatkan pengampunan-Nya.



Datanglah kepada tuhan setiap waktu dan ia akan menuntun langkahmu

0 Komentar