Renungan Harian: Sabtu, 27 April 2024 - Kasih Karunia Allah

Renungan Harian: Sabtu, 27 April 2024 - Kasih Karunia Allah
Sabtu, 27 April 2024

Kasih Karunia Allah

Bacaan Alkitab: Efesus 1:3-12

Penebusan dalam Kristus melalui darahNya, sanggup untuk membasuh dan menyucikan manusia dari segala dosa. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengerti kasih Allah yang besar itu. Pertama, Oleh Darah Kristus Kita Beroleh Penebusan. “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan.” Kata “penebusan” digunakan untuk menjelaskan bahwa sebelum percaya kepada Kristus, kita berada di bawah kuasa dosa. Sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya bukan lagi menjadi hamba dosa, melainkan sudah menjadi milik Kristus.

Kedua, Kita Beroleh Pengampunan Dosa Menurut Kekayaan Kasih Karunia-Nya “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa” (Ef. 1:7). Dalam hal ini Paulus ingin meyakinkan orang percaya bahwa dosa-dosa mereka sudah diampuni, melalui penebusan dosa di dalam Kristus Yesus. Keyakinan ini penting bagi kesehatan rohani, maupun kesehatan mental. Banyak orang yang terjebak di dalam rasa bersalah karena teringat kepada kesalahan dan dosa yang sama berulang-ulang. Oleh sebab itu, Paulus mengingatkan bahwa segala dosa kita sudah diampuni di dalam kasih dan anugerah Allah.

Ketiga, Allah melimpahkan kekayaan kasih karunia dalam segala hikmat dan pengertian. Kuasa kasih Allah menjamah hikmat dan pengertian kita, sehingga setiap orang percaya dimampukan menjalani hidup yang selaras dengan kehendak Allah. Hidup orang percaya sudah ditebus, dan dikendalikan oleh Allah, sudah semestinya bila mereka hidup dalam kekudus dan tidak bercacat di hadapan Allah.


Kemerdekaan yang sejati terwujud dalam hidup yang tidak
bercacat di hadapan Allah Bapa

0 Komentar