Renungan Harian: Rabu, 24 April 2024 - Peringatan Kecil

Renungan Harian: Rabu, 24 April 2024 - Peringatan Kecil

Rabu, 24 April 2024

Peringatan Kecil

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 10:6-12

“Time Check” tampak seperti kode, menyuruh orang untuk memeriksa jam. Di Inggris, time check juga disebut dengan "Mr. Jet". Kode kecil ini ternyata memiliki arti yang luar biasa mengerikan, yaitu bermakna, "Periksa waktu: sekarang pukul 12.00". Artinya ada ancaman bom di sekitar daerah tersebut. Biasa disebutkan pada tempat sidang atau bioskop dan menandakan bahwa orang-orang dalam gedung harus segera diungsikan karena ada ancaman bom. Desember 2004, penduduk Pulau Simeulue yang tinggal di pusat gempa, segera melarikan diri ke pegunungan tinggi setelah merasakan getaran dan menyaksikan air laut surut dari pantai. Sebagian besar penduduk berjumlah 75.000 jiwa berhasil selamat dari diterjang Tsunami setinggi 9 meter. Tanda-tanda kecil ternyata memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia.

Dalam 1 Korintus 10, Paulus menggambarkan mengangkat kisah orang-orang Israel yang hidup berpaling dari Tuhan. Sekalipun Allah sering menunjukkan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, namun mereka berulang-ulang kali jatuh ke dalam dosa. Kegagalan Israel untuk taat kepada Allah, membawa mereka kepada bencana yang besar. “Semua ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita…dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita (ay.6,11).

Allah tidak selalu menunjukkan diri-Nya dengan peristiwa-peristiwa yang besar, yang terasa menakutkan bagi manusia. Sebaliknya, Allah justru memberikan peringatan-peringatan kecil, seperti membuat hati kita gelisah, teguran seorang sahabat, diteguhkan oleh pengalaman hidup orang lain dan sebagainya. Semua itu dinyatakan untuk membawa kita menyadari kesalahan dan keberdosaan kita kepada Allah. Sudah saatnya untuk menghindar atau berlari kepada Allah untuk memperoleh pengampunan-Nya. Pernahkah kita memperhatikan dan merasakan peringatan-peringatan kecil yang diberikan Allah agar kita menjauhi dosa? Sudahkah hati kita dengar-dengaran akan suara Tuhan melalui firman-Nya yang setiap hari kita dengarkan?


Memperhatikan peringatan kecil, menyelamatkan kita dari bencana dosa

0 Komentar