Renungan Harian: Kamis, 2 Mei 2024 - Allah Membersihkan Semua Noda

Renungan Harian: Kamis, 2 Mei 2024 - Allah Membersihkan Semua Noda

Kamis, 2 Mei 2024

Allah Membersihkan Semua Noda

Bacaan Alkitab: Yesaya 1:10-18

Bagaimana jika pakaian kita bisa bersih sendiri setelah tertumpah saus tomat, kecap, atau minuman? Menurut kantor berita BBC, para insinyur di Tiongkok telah mengembangkan “lapisan khusus yang membuat katun bisa bersih sendiri dari noda dan bau ketika terkena sinar ultraviolet.” Bisakah Anda bayangkan akibatnya mempunyai pakaian yang bisa bersih sendiri?

Lapisan yang bisa bersih sendiri mungkin dapat digunakan untuk pakaian bernoda, tetapi hanya Allah yang dapat membersihkan jiwa yang ternoda. Pada masa Yehuda kuno, Allah murka kepada umat-Nya karena mereka “berpaling membelakangi Dia”, menjerumuskan diri dalam korupsi dan kejahatan, serta menyembah berhala (Yes. 1:2-4). Namun, yang lebih buruk, mereka mencoba membersihkan diri dengan mempersembahkan korban, membakar dupa, mengucapkan banyak doa, dan berkumpul dalam persekutuan yang khusyuk. Akan tetapi, hati mereka yang penuh dosa dan kemunafikan tidak berubah (ay. 12-13). Mereka perlu dengan sadar dan penyesalan membawa noda jiwa mereka kepada Allah yang kudus dan penuh kasih. Kasih karunia-Nya akan membersihkan mereka dan mengubahkan batin mereka “menjadi putih seperti salju” (ay. 18).

Ketika berdosa, kita tidak sanggup membersihkan diri sendiri. Dengan kerendahan hati dan penyesalan, kita harus mengakui dosa-dosa kita dan meletakkannya di bawah terang kekudusan Allah yang menyucikan. Kita harus berbalik dari dosa-dosa itu dan kembali kepada Allah. Kemudian Dia, satu-satunya Pribadi yang membersihkan noda jiwa, akan menawarkan kepada kita pengampunan dan pemulihan hubungan yang total.


Demi membersihkan bagian dalam diri yang tercemar dosa
Hanya Roh Kudus yang mampu menyucikan dari segala noda

0 Komentar