Renungan Harian: Jumat, 3 Mei 2024 - Penghiburan Pada Tiang Pintu

Renungan Harian: Jumat, 3 Mei 2024 - Penghiburan Pada Tiang Pintu
Jumat, 3 Mei 2024

Penghiburan Pada Tiang Pintu

Bacaan Alkitab: Ulangan 6:4-9

Ketika sedang melihat-lihat isi media sosial saya paska banjir yang melanda sebuah daerah, ada sebuah postingan seorang teman. Setelah menyadari rumahnya harus dihancurkan dan dibangun ulang, teman saya didorong ibunya untuk berharap kepada Allah di tengah pekerjaan bersih-bersih yang menguras semangatnya. Teman saya kemudian memuat gambar ayat-ayat Alkitab yang ia temukan pada tiang-tiang pintu rumah, yang tampaknya ditulis saat rumah itu dibangun. Membaca ayat-ayat Kitab Suci pada tiang-tiang kayu itu memberinya penghiburan.

Tradisi menuliskan ayat-ayat Alkitab pada tiang pintu mungkin berasal dari perintah Allah kepada umat Israel. Allah memerintahkan bangsa Israel untuk menuliskan perintah-perintah-Nya pada tiang-tiang pintu sebagai cara untuk mengingat Dia. Dengan menyimpan perintah-perintah-Nya dalam hati mereka (Ul. 6:6), mengajarkannya kepada anak-anak mereka (ay. 7), menggunakan lambang dan cara-cara lain untuk mengingat apa yang Allah perintahkan (ay. 8), dan mencantumkan kata-kata itu pada tiang pintu dan pintu gerbang (ay. 9), bangsa Israel selalu diingatkan akan firman Allah. Mereka didorong untuk tidak melupakan apa yang telah Dia firmankan atau perjanjian mereka dengan-Nya.

Menampilkan firman Allah di rumah kita serta menanamkan artinya dalam hati dapat membantu kita membangun fondasi yang bersandarkan pada kesetiaan-Nya sebagaimana dinyatakan dalam Kitab Suci. Dia pun sanggup menggunakan kata-kata tersebut untuk menghibur kita di tengah tragedi atau pengalaman pahit yang menyayat hati. Kebersihan hati dari setiap luka itu diperoleh dari penguatan yang berasal dari firman Tuhan.


Allah menyediakan pembersihan bagi hati yang pedih dengan firman-Nya

0 Komentar