Renungan Harian: Senin, 18 Maret 2024 - Sikap Rendah Hati

Renungan Harian: Senin, 18 Maret 2024 - Sikap Rendah Hati
Senin, 18 Maret 2024

Sikap Rendah Hati

Bacaan Alkitab: Mazmur 16:1-11

“Taruh tanganmu di belakang punggung. Kau akan baik-baik saja.” Itulah nasihat penuh kasih yang selalu diterima Jan dari suaminya sebelum ia berbicara di depan banyak orang. Ketika Jan tergoda untuk membuat orang terkesan atau berusaha mengendalikan situasi, ia akan mengambil sikap seperti itu karena itu membuatnya merasa siap mendengar dan menerima masukan. Ia menggunakannya sebagai pengingat untuk mengasihi mereka yang ada di hadapannya, bersikap rendah hati, dan siap menerima tuntunan Roh Kudus.

Pemahaman Jan tentang kerendahan hati bersumber dari keyakinan bahwa segala sesuatu berasal dari Allah. Raja Daud yang juga meyakini hal tersebut pernah berkata kepada Allah, “Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau” (Mzm. 16:2). Ia belajar untuk percaya kepada Allah dan mencari nasihat-Nya: “Pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku” (ay. 7). Ia tahu karena Allah mendampinginya, ia tidak akan goyah (ay. 8). Ia tidak perlu meninggikan dirinya sendiri karena ia percaya kepada Allah Mahakuasa yang mengasihinya.

Ketika kita berharap kepada Allah setiap hari, memohon kepada-Nya untuk menolong saat kita merasa frustrasi, atau menaruh perkataan yang tepat untuk kita ucapkan, kita akan menyaksikan Dia bekerja dalam hidup kita. Kita akan “bermitra dengan Allah” seperti kata Jan; dan kita akan menyadari jika kita berhasil, itu karena Allah telah menolong kita melakukannya.

Kita dapat memandang orang lain dengan kasih, dengan tangan yang ditaruh di belakang punggung dalam sikap rendah hati, untuk mengingatkan kita bahwa semua yang kita miliki berasal dari Allah. Mari melatih sikap ini sehingga kita didapati bertumbuh dalam kerendahan hati sebagai murid-murid Kristus yang belajar serupa dengan-Nya.


Allah sendiri yang meninggikan orang-orang yang rendah hati
Sesuai waktu dan hikmat-Nya

0 Komentar