Renungan Harian: Selasa, 2 April 2024 - Sedikit Membuat Janji

Renungan Harian: Selasa, 2 April 2024 - Sedikit Membuat Janji

Selasa, 2 April 2024

Sedikit Membuat Janji

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 13:26-39

James Abram Garfield lahir di Ohio, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Nopember 1831. Lahir di sebuah pondok kayu dengan berat lima kilogram. Ia menikah dengan Lucretia Rudolph dan dikaruniai empat orang anak. Pada 4 Maret 1881, James dilantik sebagai Presiden yang ke-20 dengan masa pemerintahan selama 6,5 bulan saja. Sekalipun sangat singkat namun kehidupannya sangat menjadi teladan bagi banyak orang, karena prinsip-prinsip hidup yang sangat membangun kehidupan orang lain.

Salah satu prinsip yang dipegang oleh James adalah jangan mudah membuat janji. Karena orang yang terlalu banyak membuat janji akan merugikan diri sendiri dan merusak relasinya dengan orang lain. Sebuah kata bijak berkata. “Pecundang membuat janji, tetapi pemenang membuat komitmen.” Prinsip James ini dipengaruhi oleh kebenaran firman yang dia yakini bahwa setiap hal yang diperbuat akan dipertanggung jawabkan kepada dihadapan Tuhan.

Manusia sanggup untuk membuat seribu janji. Namun lebih banyak lagi janji yang tidak ditepati. Berbeda dengan janji Allah kepada manusia. Karena dosa Adam, semua manusia jatuh ke dalam dosa, namun janji Allah kepada pasti digenapi di dalam Tuhan Yesus. Inilah janji yang pasti dan janji yang sudah terbukti. Bukti terbesar kuasa Tuhan adalah dengan melalui kematiannya di atas kayu salib, yang terbukti sanggup menuntun orang percaya kepada kebenaran kekal Allah.


Janji manusia sulit ditepati, namun janji Allah pasti digenapi
sesuai kehendak-Nya

0 Komentar