Renungan Harian: Rabu, 24 Januari 2024 - Mengikuti Petunjuk

Renungan Harian: Rabu, 24 Januari 2024 - Mengikuti Petunjuk
Rabu, 24 Januari 2024

Mengikuti Petunjuk

Bacaan Alkitab : 1 Samuel 28:3-18

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan ketika mengikuti Pramuka adalah mencari jejak. Biasanya anggota Pramuka dibagi dalam beberapa kelompok dan diminta untuk berjalan menuju ke pos satu dan seterusnya. Di setiap pos, mereka wajib mencari potongan puzel dan mengikuti petunjuk berikutnya. Mengikuti petunjuk demi petunjuk dan mengumpulkan puzzle demi puzzle hingga menjadi sempurna. Ketika berjalan di jalan setapak di tepi hutan, menyusuri sungai, di tengah sawah atau di jalan desa. Kunci keberhasilan kegiatan tersebut adalah terletak pada kesatuan tim dan keberanian untuk melangkah mengikuti petunjuk.

Salah satu tokoh Alkitab yang gagal mengikuti petunjuk Allah adalah Saul. Allah memerintahkan Saul untuk menumpas seluruh orang Amalek, tetapi Saul tidak mengikuti seperti yang diperintahkan. “Mengapa engkau tidak mendengarkan suara TUHAN? Mengapa engkau mengambil jarahan dan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN?” Saul menjawab, ”Aku memang mendengarkan suara TUHAN dan mengikuti jalan yang telah disuruh TUHAN kepadaku dan aku membawa Agag, raja orang Amalek, tetapi orang Amalek itu sendiri telah kutumpas. Tetapi rakyat mengambil dari jarahan itu kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik…, untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allahmu, di Gilgal.” (1Sam. 15:18-21).

Kegagalan Saul untuk mengikuti petunjuk TUHAN membuat dia kehilangan kerajaan Israel dan roh Allah menjauh dari padanya. Hal serupa Tuhan lakukan kepada setiap kita. Alkitab menjadi satu-satunya petunjuk kehidupan orang percaya. Adakah kita teratur membaca dan merenungkannya? Hanya dengan taat dan melakukan kebenaran Alkitab, hidup kita dapat diubahkan, sesuai dengan tujuan kekal Allah.


Mengikuti petunjuk Tuhan berarti hidup dalam ketaatan untuk melakukannya

0 Komentar