Renungan Harian: Jumat, 12 Januari 2024 - Bukan Zaman Reward And Punishment

Renungan Harian: Jumat, 12 Januari 2024 - Bukan Zaman Reward And Punishment
Jumat, 12 Januari 2024

Bukan Zaman Reward And Punishment

Bacaan Alkitab: Matius 15:32-39

Pernahkah kita mendengar istilah Gentle Parenting? Hal ini memiliki arti cara mendidik seseorang tanpa hukuman atau penghargaan melainkan mendorong perilaku baik untuk melakukan yang benar. Karena hukuman atau penghargaan mampu mendorong anak-anak berperilaku baik. Sayangnya dorongan itu efektif untuk waktu yang singkat saja. Reward and punishment sering diterima seseorang demi kepentingan orang tertentu. Inilah gaya mendidik orang tua pada zaman dulu.

Amsal 22:6 berkata: “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Ayat ini dituliskan oleh Raja Salomo untuk mengajarkan hikmat kepada orang muda. Orang muda yang dimaksud di sini dapat berarti mereka yang masih dalam usia belajar, untuk mempersiapkan hidup yang telah dirancang bagi mereka. Agar mereka tidak sampai jatuh ke dalam dosa atau mati bersama dengan orang berdosa. Melainkan mereka dapat hidup benar dengan cara yang benar pula.

Tuhan Yesus telah memberikan teladan bagi kita dalam hal berkata dan bertindak benar. Sudah tiga hari orang banyak itu mengikuti Yesus untuk mendengarkan pengajaran-Nya dan mereka sudah kehabisan makanan. Kondisi itu membuat Tuhan Yesus tergerak untuk memberi makan empat ribu orang tersebut. Rasa belas kasihan Yesus ditunjukkan kepada para murid dengan mendorong perilaku baik untuk melakukan yang benar. Mari kita membiasakan diri untuk melakukan segala sesuatu dengan benar, bukan karena ingin mendapat pujian atau supaya tidak dihukum, tetapi menjadi sukacita kita karena kita mengetahui yang benar dan mampu melakukannya dengan benar.


Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya,
maka pada masa tuanya pun tidak akan menyimpang dari pada jalan itu

0 Komentar