Tari Rampak: Kegiatan Gelar Karya P5 Kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

Tari Rampak: Kegiatan Gelar Karya P5 Kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta

SD Kristen Kalam Kudus Surakarta menggelar kegiatan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk siswa kelas 1 dengan mengusung tema kearifan lokal.

Kegiatan ini mengajak siswa-siswi kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta untuk mengenal kesenian dan kebudayaan daerah sebagai kearifan lokal yang perlu dilestarikan. Salah satu kesenian tradisional yang diajarkan adalah Tari Rampak.

Siswa-siswi kelas 1 diajak untuk menari Tari Rampak di lapangan tengah SD Kristen Kalam Kudus Surakarta. Mereka mengenakan pakaian berwarna hitam, dengan mengenakan batik di pinggang, serta mengenakan ikat kepala bermotif kotak-kotak hitam putih.

Sebelum mulai menarikan Tari Rampak, siswa-siswi kelas 1 ini melakukan pemanasan dilanjutkan dengan gerak dan lagu "Pelajar Pancasila"

Selanjutnya, dengan dipandu oleh Guru kelas, ratusan siswa-siswi kelas 1 ini pun serempak mulai menarikan Tari Rampak secara kolosal.

Terik matahari di pagi itu tidak mengurangi semangat siswa untuk menarikan tarian tradisional ini. Gerakan tarian sederhana yang dilakukan secara serempak oleh siswa-siswi kelas 1 ini membuat orang tua siswa menjadi semakin antusias menyaksikan kegiatan gelar karya ini. Tidak sedikit orang tua siswa yang mengabadikan momen ini dengan handphone.

Dengan adanya kegiatan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini, diharapkan siswa kelas 1 SD Kristen Kalam Kudus Surakarta dapat mengenal serta belajar tentang kesenian tradisional termasuk di dalamnya berupa Tari Rampak sebagai warisan budaya yang perlu untuk dilestarikan.

0 Komentar