Aku Sayang Bumi: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila KB Kristen Kalam Kudus Surakarta

Aku Sayang Bumi: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila KB Kristen Kalam Kudus Surakarta

Pada tanggal 13-24 November 2023, anak-anak diajak melakukan PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA atau P5 yang mengajarkan mereka menyayangi bumi & makhluk hidup ciptaan Tuhan, khususnya ikan.

Di sekolah, anak-anak dibacakan buku tentang ikan dan diajak mengekplorasi segala sesuatu yang ada dalam buku tersebut ke dalam pembelajaran.

Mulai dari konsep matematika menghitung ikan, fisik motorik meloncat seperti ikan lumba lumba, menari tari ikan, senam gemar makan ikan, makan bersama menu ikan, bahasa dengan menggambar ikan dan menceritakan ulang isi buku, kesadaran lingkungan mengenal bagian ikan, kesadaran indera mengenal konsep timbul/mengapung dan tenggelam serta banyak lagi.

Kecintaan anak pada ciptaan Tuhan juga dilatih dengan tiap anak diberi ikan cupang untuk dirawat dan dipelihara di rumah. Selang 1 minggu kemudian, anak diminta menceritakan pengalaman mereka merawat ikannya dari foto yang dikumpulkan oleh orang tua.

Terima kasih atas kerja sama dan pendampingan orang tua pada putra/putrinya. Kiranya tujuan projek ini dapat tercapai, yaitu anak tahu bahwa Allah menghendaki mereka bertanggung jawab atas ciptaanNya: hewan & segala isi bumi.

.

0 Komentar