Renungan Harian: Senin, 27 November 2023 - Melihat Dari Cara Pandang Allah

Renungan Harian: Senin, 27 November 2023 - Melihat Dari Cara Pandang Allah
Senin, 27 November 2023

Melihat Dari Cara Pandang Allah

Bacaan Alkitab: Kejadian 50:15-21

Dua orang pengendara mobil yang hendak menuju lokasi wisata sedang terjebak dalam kemacetan yang cukup parah. Pengendara yang satu merasa terganggu dan kesal karena situasi tersebut membuatnya terlambat sampai di tempat tujuan. Sementara seorang pengemudi yang satu lagi bersikap santai dan sabar menghadapi kemacetan itu. Ia memandang situasi tersebut sebagai kesempatan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Cara pandang adalah sudut pandang atau perspektif seseorang dalam melihat suatu situasi atau peristiwa. Cara pandang yang berbeda dapat mempengaruhi sikap dan tindakan seseorang dalam menghadapi situasi yang sama.

Setelah Yakub—ayah dari Yusuf dan saudara-saudaranya—meninggal, saudara-saudara Yusuf datang dan mengatakan kepadanya, "Kami datang untuk menjadi budakmu" (ayat 18). Rasa takut mengingat perlakuan mereka kepada Yusuf dahulu membayangi pikiran saudara-saudara Yusuf. Dahulu mereka menjual Yusuf sebagai budak. Jadi, adil rasanya, jika sekarang merekalah yang menjadi budak Yusuf. Namun, Yusuf menenangkan mereka. Ia meminta mereka untuk tidak takut. Bahkan, Yusuf menyatakan akan menanggung makanan dan merawat anak-anak mereka (ayat 21).

Yusuf sadar bahwa di balik rekaan rancangan jahat saudara-saudaranya, terselip rencana baik Allah, yaitu untuk memelihara suatu bangsa yang besar. Yusuf memahami bahwa saudara-saudaranya adalah alat Tuhan untuk membawanya datang ke Mesir. Ini sebagai persiapan agar mereka semua dapat selamat, bahkan seluruh Mesir dan daerah sekitarnya.

Saat sesuatu terjadi dalam hidup kita dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman, marah ataupun takut, penting bagi kita untuk selalu mempercayai bahwa rancangan Allah Allah rancangan yang terbaik bagi kehidupan kita. Roma 8:28, “Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.


Tuhan, ajari kami untuk melihat rancangan-Mu yang indah dibalik setiap peristiwa yang Engkau ijinkan terjadi

0 Komentar