Renungan Harian: Senin, 30 Oktober 2023 - Memanjakan Diri Atau Mencari Damai?

Renungan Harian: Senin, 30 Oktober 2023 - Memanjakan Diri Atau Mencari Damai?
Senin, 30 Oktober 2023

Memanjakan Diri Atau Mencari Damai?

Bacaan Alkitab: Yohanes 16:25-33

“MANJAKAN DIRIMU.” Begitulah bunyi iklan bak mandi air panas yang mencuri perhatian dan membuat saya berpikir. Belakangan ini saya dan istri sedang membicarakan keinginan kami untuk memasang bak air panas, suatu saat nanti. Pasti asyik! Kecuali sesudah itu kami harus membersihkannya. Belum lagi tagihan listriknya. Setelah semua itu, tahu-tahu sesuatu yang tadinya terkesan sebagai ide yang baik mulai terdengar mengerikan.

Ajakan untuk “memanjakan diri” sangat menarik, karena menjanjikan sesuatu yang kita inginkan: Kelegaan, kenyamanan, perasaan aman, atau pelarian. Semua itu sangat menggoda dan memikat. Memang tidak salah merawat diri dengan beristirahat atau berlibur ke tempat indah. Namun, ada perbedaan antara melarikan diri dari kesukaran hidup dan mempercayai Allah di tengah segala kesukaran itu.

Dalam Yohanes 16, Yesus memberi tahu murid-murid-Nya bahwa babak berikutnya dalam hidup mereka akan menguji iman. “Dalam dunia kamu menderita penganiayaan,” Yesus menyimpulkan. Kemudian Dia menambahkan janji ini, “Tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia” (ay.33). Yesus tidak ingin murid-murid-Nya menyerah dalam keputusasaan. Sebaliknya, Dia mengundang mereka mempercayai Dia, dan mengetahui kelepasan yang Dia sediakan: “Semuanya itu Kukatakan kepadamu,” kata-Nya, “supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku” (ay.33).

Yesus tidak menjanjikan kehidupan yang bebas dari masalah dan derita. Namun, Dia memang berjanji, apabila kita percaya dan bersandar kepada-Nya, kita akan mengalami damai sejahtera yang lebih dalam dan lebih memuaskan daripada pelarian apa pun yang dunia tawarkan.


Tuhan, tolong aku untuk mempercayai-Mu, supaya aku boleh mendapat damai sejahtera dan kelegaan di dalam-Mu.

0 Komentar