Renungan Harian: Sabtu, 7 Oktober 2023 - Pilih Yang Mana?

Renungan Harian: Sabtu, 7 Oktober 2023 - Pilih Yang Mana?
Sabtu, 7 Oktober 2023

“Pilih Yang Mana?!”

Bacaan Alkitab: Roma 8:5-11

“Aku maunya yang ini!” Ucap seorang anak laki-laki kepada saudara kembarnya. “NO! Yang itu aja! Aku ga suka pilihan kamu!” Timpal saudara kembarnya tersebut. “POKOKNYA AKU MAU YANG INI!” “GA! YANG INI AJA!” Percakapan tersebut terus berlangsung dalam waktu yang cukup lama hingga akhirnya sang Mama pun turun tangan. Mama menjadi penengah yang mampu mempemperdamaikan kedua saudara kembar tersebut dengan memberikan solusi menarik berupa susu coklat yang sudah dibawa dalam tas jika keduanya bisa berdiam diri dan mengutarakan keinginan mereka dengan lebih baik lagi.

Keadaan ini tidaklah jauh berbeda dengan apa yang Paulus hadapi di tengah-tengah kehidupan jemaat Tuhan pada saat itu. Jemaat diperhadapkan dengan dua pilihan di antara keinginan daging dan keinginan Roh, yang jelas-jelas saling bertentangan. Sayangnya, keinginan daging selalu terlihat begitu menggiurkan karena begitu nikmat bahkan bisa memberikan kepuasan yang dunia ini tawarkan. Entah melalui harta kekayaan yang bisa diperoleh secara instan, menjatuhkan orang lain agar bisa memiliki posisi penting, atau bahkan melakukan hal-hal tidak bermoral untuk memenuhi hawa nafsu. Padahal, semua keinginan tersebut bisa memimpin kita pada jalan yang salah dengan maut yang telah menanti di ujung dari jalan tersebut.

Sementara, untuk dapat memilih keinginan Roh, kita perlu menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan dan membiarkan Roh Kudus memimpin dan mengubah hati kita. Kita perlu menempatkan keinginan kita di bawah kendali Roh Kudus yang mampu membawa kita menjauhi keinginan daging yang membinasakan. Dengan demikian, kita dimampukan untuk dapat memiliki hidup yang sesuai dengan kehendak Allah. Ketika melakukan itu, maka kita akan menemukan damai dan hidup yang sejati di tengah-tengah dunia ini.


Pilihan kita dalam memenuhi keinginan dalam hidup ini, menentukan arah langkah kita dalam menemukan kedamaian yang sejati di tengah-tengah dunia ini

0 Komentar