Renungan Harian: Sabtu, 4 November 2023 - Bukan Sekedar Kebiasaan

Renungan Harian: Sabtu, 4 November 2023 - Bukan Sekedar Kebiasaan
Sabtu, 4 November 2023

Bukan Sekedar Kebiasaan

Bacaan Alkitab: Mazmur 111:1-10

Dapatkah Anda membayangkan jika Anda memberikan seorang teman hadiah pada hari ulang tahunnya dan kemudian Anda menerima sebuah surat resmi darinya sebagai ucapan terima kasih? Jika demikian, Anda justru akan merasa kurang dihargai bukan?

Ada banyak orang Kristen yang memberikan ucapan terima kasih semacam ini kepada Tuhan. Tuhan telah memberikan banyak hal baik, namun banyak orang menanggapinya dengan doa-doa setiap hari yang berpola sama karena sebuah kebiasaan, bukan karena lahir dari rasa syukur yang tulus.

Saat kita berdoa, “Tuhan, terima kasih atas makanan dan minuman ini…”, Tuhan, terima kasih atas hari ini…”, dan sebagainya. Mengucap syukur atas hal-hal semacam itu baik, namun apakah kita mengatakannya karena sebuah kebiasaan—bukan rasa syukur?

Penulis Mazmur 111 memahami pentingnya mengungkapkan rasa syukur yang tulus dan spesifik kepada Tuhan. Perbuatan Allah yang penuh kuasa membangkitkan pujian dan rasa syukur dalam diri Pemazmur. Pemazmur melihat dunia ini penuh dengan perbuatan Ajaib Tuhan yang patut disyukuri.

Jangan menaikkan doa tanpa berpikir, namun bersyukurlah kepada Allah atas cara-cara khusus yang dilakukan Allah atas hidup Anda. Hal apakah yang secara spesifik ingin Anda syukuri hari ini?


Latih dirimu untuk tidak pernah menunda kata atau tindakan
untuk mengungkapkan rasa syukur

0 Komentar