Renungan Harian: Senin, 4 September 2023 Memadamkan Perbantahan

Renungan Harian: Senin, 4 September 2023 Memadamkan Perbantahan
Senin, 4 September 2023

Memadamkan Perbantahan

Bacaan Alkitab: Amsal 15:10-18

Sebuah kalimat bijak berkata “mencegah jauh lebih baik” dan itu sangat tepat. Firman Tuhan mengajar kita agar memiliki buah roh, salah satunya kesabaran. Salah satu bentuk kesabaran adalah kita tidak membangkitkan pertengkaran sekalipun ada alasan bagi kita untuk bertengkar. Kalau kita mau menenangkan diri sejenak dan berpikir, pasti kita akan menemukan solusi cerdas untuk memecahkan satu masalah yang rumit, tanpa perlu bertengkar dengan orang yang membuat masalah.

Apakah seorang yang tidak mampu menguasai diri dapat menjadi pengayom? Kemungkinannya sangat kecil, bahkan hampir mustahil. Menguasai diri berkaitan dengan upaya menahan keinginan dan hawa nafsu angkara murka. Raja Salomo dalam Amsal 16:32 berkata demikian, “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya melebihi orang yang merebut kota!” Kesabaran membuat kita tidak akan pernah melangkah mundur karena ketakutan, tetapi akan membuat kita terus maju dalam iman sampai kita memperoleh jawaban dari Tuhan. Ingatlah kemarahan hanya menambah masalah, sedangkan kesabaran, perlahan namun pasti, akan menyelesaikan masalah.

Mari kita memeriksa diri kita, apakah selama ini kita lebih banyak memulai pertengkaran atau memadamkan konflik? Apakah kita seorang pemarah atau orang yang sabar? Pertengkaran tidak akan pernah menyelesaikan masalah, namun kesabaran akan menyelesaikan masalah.


Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban.
Sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu dan menyerahkan semuanya kepada Allah

0 Komentar