Renungan Harian: Sabtu, 9 September 2023 - Menanti Dengan Sabar

Renungan Harian: Sabtu, 9 September 2023 - Menanti Dengan Sabar
Sabtu, 9 September 2023

Menanti Dengan Sabar

Bacaan Alkitab: Rut 3:6-18

Jalan hidup tidak pernah dapat ditebak dan tidak mudah dipahami. Naomi dan suaminya, Elimelekh, beserta kedua anak mereka, Mahlon dan Kilyon, pergi ke Moab dan menetap di sana untuk menyelamatkan diri dari bencana kelaparan yang melanda tanah Israel. Namun, di tempat yang diharapkan memberikan kehidupan itu, Naomi justru kehilangan orang-orang yang dikasihinya. Suami dan kedua anaknya meninggal di tanah Moab.

Hidup Naomi berubah drastis. Terpuruk. Awalnya, ia sangat minder karena begitu banyak kepahitan hidup yang sudah dialaminya. Namun bersama Rut, menantu yang begitu mengasihi dan banyak berkorban untuknya, ia bersedia memulai kembali hidup baru di kampung halamannya, Betlehem. Rut mengikuti saran Naomi.

Kerendahan hati Rut ini diberkati Tuhan. Rut bertemu Boas yang menerima dan kemudian menjadikan Rut sebagai istrinya. Kehidupan Rut dan Naomi, yang tadinya pahit, pun dipulihkan.

Kehidupan berproses melalui berbagai hal dan peristiwa; suka dan duka. Perlu bersabar untuk dapat memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan ini. Menanti dengan sabar hingga melihat akhirnya; melihat hasilnya. Kita menjalani kehidupan dan menantikan hasil akhir yang manis, dengan iman dan pengharapan yang terarah kepada Allah.

Adakalanya Tuhan mengijinkan kita mengalami kesulitan dan kesukaran di dalam kehidupan ini. Jalan yang dilalui mungkin penuh dengan kerikil tajam. Saat semua hal itu terjadi dalam kehidupan ini, apakah kita tetap sabar dan tekun berharap kepada Allah, walaupun kehidupan terasa pahit dan berat? Berseru dan berharaplah pada Allah. Ia selalu dapat menjadi tempat sandaran kita yang kokoh. Nantikan kekuatan, pertolongan, sukacita dan berkat-Nya bagi setiap orang yang mengasihi dan berharap pada-Nya.


Kasih yang disertai kesabaran akan membuat seseorang
menjalani hidup ini dengan tenang dan percaya bahwa
pasti ada jalan keluar untuk segala masalah

0 Komentar