Renungan Harian: Kamis, 21 September 2023 - Tuhan Yang Memampukan

Renungan Harian: Kamis, 21 September 2023 - Tuhan Yang Memampukan
Kamis, 21 September 2023

Tuhan Yang Memampukan

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 6:1-10

Seorang pemuda Kristen datang kepada seorang pendeta dan berkata, “Saya rasa saya sudah tidak sanggup lagi menjalani hari-hari saya. Saya terlalu letih dan tidak berdaya”. Beratnya beban dan pergumulan yang dihadapi, bisa membuat seseorang ada dalam keadaan putus asa. Namun sebagai orang-orang yang percaya pada Kristus, selalu ada harapan. Di dalam Kristus, setiap anak-anak Tuhan akan selalu dimampukan untuk menghadapi atau menjalani situasi apapun.

Penderitaan dan kepedihan di dalam penjara telah dialami Rasul Paulus sewaktu melayani jemaat-jemaat di Asia Kecil. Hal ini disaksikannya kepada jemaat Korintus. Berjaga-jaga, berpuasa, dan menjaga kemurnian hati adalah persiapan pribadi yang dilakukannya (4-6). Pengalaman dihormati atau dicela, dipuji atau tidak dikenal, nyaris mati atau masih hidup, bersukacita atau berdukacita memperkaya imannya kepada Kristus (7-10). Semangatnya tidak padam untuk tetap memberitakan Kabar Baik, yaitu kabar keselamatan dari Kristus. Bahkan, ketika mengalami penderitaan pun, ia mampu menguatkan orang-orang yang membaca surat-surat pastoralnya. Inilah gambaran dari seorang pelayan Allah.

Dalam kehidupan ini kita juga mengalami suka duka. Kita diuji dalam segala aspek untuk memurnikan iman kita, seperti dalam kehidupan pribadi, kesehatan, pekerjaan, dan bahkan keluarga kita. Di dalam pelayanan pun, kita mengalami ujian. Kita perlu meneladani Rasul Paulus yang tidak mengandalkan kekuatannya sendiri, melainkan kuasa Tuhan. Paulus menyaksikan bagaimana Tuhan memampukannya dalam mengatasi segala situasi.

Di dalam situasi kehidupan yang kita jalani saat ini, mungkin kita sedang diuji apakah kita sungguh mengandalkan kekuatan Allah untuk memampukan kita menghadapi setiap persoalan dan pergumulan yang ada. Adakah kesabaran menjadi karakter yang kita miliki di tengah situasi ini?


Di dalam kondisi sesulit apapun, orang percaya yakin bahwa pertolongan Tuhan pasti akan datang. Tuhan kita adalah Tuhan yang mendengar, menolong dan menyelamatkan

0 Komentar