Renungan Harian: Senin, 28 Agustus 2023 - Krisis Moral

Renungan Harian: Senin, 28 Agustus 2023 - Krisis Moral
Senin, 28 Agustus 2023

Krisis Moral

Bacaan Alkitab: 2 Timotius 3:10-17

Krisis moral adalah masalah yang sangat serius bagi umat Kristen. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada situasi yang membuat kita harus memilih antara yang benar dan yang salah. Dalam konteks ini, krisis moral dapat diartikan sebagai kebingungan atau kesulitan dalam menentukan apa yang benar dan baik untuk dilakukan dalam situasi tertentu. Krisis moral yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari dapat berasal dari berbagai sumber, seperti lingkungan kerja, lingkungan sosial, atau bahkan dari dalam diri kita sendiri. Sebagai orang Kristen, kita diajarkan bahwa segala tulisan yang diilhamkan Allah (Alkitab yakni Firman Allah yang tertulis) memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan (mengevaluasi hidup), untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Dalam situasi krisis moral, kita harus mempercayai bahwa Tuhan selalu ada di samping kita dan menuntun kita dalam menentukan pilihan yang benar. Kita harus mengandalkan Firman Tuhan sebagai pedoman dalam menentukan apa yang benar dan salah, serta berdoa kepada Tuhan untuk diberi hikmat dan kekuatan untuk mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, kita juga harus mempertimbangkan konsekuensi dari setiap pilihan yang akan kita ambil. Kita harus memikirkan dampak dari setiap keputusan kita terhadap diri kita sendiri, serta orang lain yang terkena dampak dari keputusan tersebut.

Sebagai orang Kristen, kita juga harus mempercayai bahwa Tuhan selalu memberikan kesempatan kedua. Jika kita telah membuat kesalahan dalam mengambil keputusan, kita harus bertobat dan berusaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Krisis moral dapat menjadi pengalaman yang menantang dan menakutkan, namun dengan berkomitmen untuk mengikuti kebenaran Firman Allah dan mengandalkan hikmat Tuhan, kita dapat mengatasi krisis moral yang kita hadapi dan mengambil keputusan yang benar dan baik. Kita harus selalu berusaha untuk menjadi orang Kristen yang setia dan menjadi saksi kebenaran dimanapun kita berada.


Krisis moral adalah saat kita harus memilih
antara mengikuti prinsip-prinsip kebenaran
atau mengikuti arus duniawi

0 Komentar