SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta Gelar Kegiatan MPLS

SMP Kristen Kalam Kudus Surakrta Gelar Kegiatan MPLS

SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta menggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh SMA Kalam Kudus. Bertujuan agar memberikan edukasi pada para siswa baru agar lebih mengenal lingkungan sekolah. MPLS ini diadakan pada hari Senin hingga Jumat, 17-21 Juli 2023 di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta sudah menyiapkan berbagai kegiatan untuk siswa-siswinya. Beberapa kegiatan tersebut, diantaranya adalah Pengenalan adhiwayata dan Pengelolaan sampah; Visi Misi dan Tata tertib siswa; pengenalan Fasilitas sarana dan prasarana; Seminar sex education; serta kegiatan Lock In.

Hari Pertama
Kegiatan MPLS SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta dimulai dengan Bidston yang dipandu oleh wali kelas. Selanjutnya kegiatan MPLS dilanjutkan upacara bendera. Pada upacara bendera, Ibu Hana Desi Suryandari, S.Pd., Kepala SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta, membuka kegiatan MPLS secara simbolis dengan memukul Gong. Selanjutnya, Ibu Hana memperkenalkan guru dan karyawan SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta kepada siswa-siswi baru tahun pelajaran 2023/2024.

Setelah upacara bendera, siswa kelas 7 diajak untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, yaitu kegiatan Adhiwayata dan Pengelolaan sampah di ruang Aula lantai 4. Selanjutnya, siswa juga dijelaskan tentang Visi Misi dan Tata tertib oleh kesiswaan. Kemudian siswa kembali ke kelas masing-masing untuk mendapatkan pengarahan dari wali kelas masing-masing tentang kegiatan hari kedua.

Hari Kedua
Kegiatan MPLS hari kedua dimulai dengan kegiatan bidston pagi, dengan renungan sentral. Selanjutnya, siswa baru mengikuti agenda kegiatan sesuai jadwal kelas masing-masing.

Berbagai kegiatan udah disiapkan oleh panitia MPLS untuk siswa baru antara lain: Fasilitas sarana dan prasarana; CLC; pengenalan program Google Classroom; dan Pembiasaan di sekolah. CLC adalah salah satu pembelajaran yang digunakan di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta yang berbasis Christ Like Character (CLC). CLC berguna untuk menolong siswa mengerti apa yang dimaksud dengan karakter yang baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan karakter yang baik ini harus dilakukan dengan pemahaman di kelas dan pembiasaan dalam keseharian.

Hari Ketiga
Kegiatan MPLS hari ketiga dimulai dengan kegiatan bidston pagi bersama dengan wali kelas masing-masing. Kegiatan hari yang ketiga ini diisi dengan melanjutkan kegiatan hari sebelumnya yaitu tentang pengenalan program Google Classroom dan Pembiasaan di sekolah. Setelah itu, siswa kelas 7 mengikuti kegiatan Seminar dengan tema sex education. Siswa laki-laki ditempatkan di Aula mini sedangkan siswa perempuan ditempatkan di Aula besar.

Kegiatan MPLS hari ketiga dilanjutkan dengan kegiatan Lock In Kegiatan Lock In adalah bagian dari kegiatan Putra Pengabdi (Boys' Brigade). Putra Pengabdi (Boys' Brigade atau sering disingkat BB) adalah sebuah organisasi pemuda dan sebuah kegiatan ekstrakulikuler sekolah seperti halnya pramuka. Kegiatan-kegiatan BB hampir sama dengan kegiatan pramuka seperti baris berbaris, tali temali, P3K, Tanda jejak, perkemahan, dan lain-lain. Akan tetapi karena ini merupakan organisasi Kristen maka ada pelajaran agama Kristen di dalamnya. Hal inilah yang menjadikannya berbeda dari organisasi yang lain. Oleh karena itu SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta mengadopsi Putra Pengabdi sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler.

Kegiatan Lock In dikemas secara sederhana dan menyenangkan. Beberapa kegiatan yang diikuti siswa antara lain: kegiatan baris-berbaris, kegiatan kekompakan dengan bermaian permainan, dan kegiatan pengakraban. Kegiatan dilanjutkan hingga malam hari dan siswa menginap di sekolah.

Hari Keempat
Kegiatan MPLS hari keempat dimulai dengan renungan pagi di ruangan masing-masing dan dilanjutkan dengan olahraga pagi di Alun-alun Kidul Surakarta yang letaknya tidak jauh dari SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta. Setelah berolahraga pagi, siswa kelaj 7 kempali ke SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta utuk mandi, sarapan, dan berkemas. Kegiatan MPLS hari terakhir ini ditutup dengan perkenalan OSIS dan apel penutupan MPLS.

Dengan adanya kegiatan MPLS ini diharapkan siswa baru SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta bisa lebih mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru, sehingga bisa memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar mereka di SMP Kristen Kalam Kudus Surakarta.

0 Komentar