SD Kristen Kalam Kudus Logos Dapat Penghargaan Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata

SD Kristen Kalam Kudus Logos Dapat Penghargaan Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata

SD Kristen Kalam Kudus Logos mendapat piagam penghargaan sebagai Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata Tingkat Sekolah Dasar (SD) dari Gubernur Jawa Tengah. Penghargaan diberikan pada hari Selasa, 4 Juli 2023 di Semarang.

Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yang menerapkan pola pembelajaran yang mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajarnya serta mengajarkan untuk peduli terhadap lingkungan. Sikap peduli lingkungan ini tidak hanya dilakukan oleh guru dan siswa, tetapi semua warga sekolah. Semua warga sekolah turut peduli dalam kelestarian lingkungan, termasuk kebersihan dan keindahan lingkungan, terutama lingkungan dalam gedung sekolah dan sekitar sekolah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh warga sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh.

Pelaksanaan program Adiwiyata tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Selain pelaksanaan, Program Adiwiyata juga memberikan penghargaan kepada sekolah Adiwiyata. Penghargaan Adiwiyata diberikan pada tahap pemberdayaan dan tahap kemandirian.

Penghargaan sekolah Adiwiyata tahap awal dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
Sekolah Adiwiyata
Penghargaan diberikan kepada sekolah yang dianggap berhasil dalam menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup.

Calon Sekolah Adiwiyata
Penghargaan diberikan kepada sekolah yang dianggap telah berhasil dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup.

Penghargaan sekolah Adiwiyata juga memiliki tingkatan sebagai berikut:
Sekolah Adiwiyata Kabupaten/Kota
Penghargaan diberikan oleh Bupati/Walikota dalam bentuk piagam dan piala

Sekolah Adiwiyata Provinsi
Penghargaan diberikan oleh Gubernur dalam bentuk piagam dan piala

SD Kristen Kalam Kudus Logos sebagai sekolah pelaksana Sekolah Adiwiyata mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah sebagai Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata. Penghargaan Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata diberikan oleh Gubernur (atau yang mewakili) dalam bentuk piagam dan piala.

Dengan adanya program adiwiyata di SD Kristen Kalam Kudus Logos diharapkan seluruh warga sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga dengan penghargaan sebagai Pelaksana Terbaik II Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Jawa Tengah ini dapat menumbuhkan semangat warga SD Kristen Kalam Kudus Logos dalam mengupayakan lingkungan sekolah lestari, bersih, nyaman, dan indah.

0 Komentar