Renungan Harian: Selasa, 18 Juli 2023 - Label Diri

Renungan Harian: Selasa, 18 Juli 2023 - Label Diri

Selasa, 18 Juli 2023

Label Diri

Bacaan Alkitab: Yesaya 43: 1-4

Ketika pergi ke supermarket, biasanya kita melihat ada barang-barang yang sudah lama terpajang di etalase, kurang dilirik orang, bahkan terkadang ada yang hampir kadaluwarsa, namun tidak juga kunjung terjual. Kemudian untuk mengurangi kerugian supermarket, maka digunakanlah sebuah trik jitu yaitu mengurangi nilai barang tersebut. Barang yang sudah berkurang nilai harga jualnya itulah yang kita labeli dengan nama barang diskonan, barang yang nilainya tidak sesuai dengan nilai aslinya.

Setiap manusia juga memiliki label pada dirinya. Allah melabeli manusia sebagai “yang terkasih,” “yang mulia,” dan “yang berharga.” (Yes. 43: 4). Sayangnya terkadang manusia melabeli dirinya lebih rendah daripada yang Allah katakan, entah karena kurangnya penghargaan di masa lalu atau pandangan yang salah tentang diri sendiri. Padahal nilai diri kita seharunya ditentukan oleh Allah. Dalam kitab nabi Yesaya, bangsa Israel berulang kali berdosa dan menyakiti hati Allah hingga akhirnya mereka harus berakhir di pembuangan di Babel. Dalam kondisi yang demikian, Yesaya mengingatkan bangsa Israel bahwa mereka tetap adalah milik kepunyaan Allah yang berharga meskipun mereka harus melalui situasi yang tidak mudah. Allah juga meyakinkan mereka bahwa sebegitu berharganya bangsa Israel sehingga Ia rela untuk mengorbankan bangsa lain demi Israel. Walaupun bangsa Israel berkali-kali menyakiti hati Allah, namun label “berharga” dan label “terkasih” tetap ada bagi mereka.

Kita yang telah ditebus oleh Allah juga adalah milik kepunyaan-Nya. Kitapun memiliki label “berharga” dan label “terkasih” yang harganya sudah dibayar lunas oleh darah Kristus di atas kayu salib. Kita perlu melihat diri kita sesuai dengan label yang sudah diberikan oleh Allah yaitu bahwa kita adalah anak-anak yang berharga dan yang dikasihi oleh-Nya. Bagaimana selama ini kita melihat diri kita sendiri? Apakah sudah sesuai atau lebih rendah dari apa yang sudah Allah katakan? Hendaknya kita selalu ingat label keberhargaan kita sehingga kita boleh memiliki kepercayaan diri dengan tepat.


Kita sudah ditebus dan dibayar lunas oleh darah Kristus,
jangan memberi label yang lebih rendah dari yang sudah Kristus bayarkan

0 Komentar