Renungan Harian: Senin, 12 Juni 2023 - Rukun

Renungan Harian: Senin, 12 Juni 2023 - Rukun

Senin, 12 Juni 2023

Rukun

Bacaan Alkitab: Mazmur 133:1-3

Ada kisah menarik dari sebuah kampung yang bernama kampung Sawah, Jati Murni, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat. Di kampung ini, gereja Katolik Servatius, gereja Kristen Pasundan dan masjid Agung Al Jauhar Yasfi berdiri berdampingan membentuk segitiga emas. Letak tempat ibadah yang saling berdekatan itu tidak hanya menjadi bukti keberagaman tetapi juga bentuk toleransi yang tinggi. Tidak pernah ada gesekan antar umat beragama di tempat ini. Mereka sangat menghargai, menghormati satu sama lain termasuk ketika menjalankan ibadah. Ketika perayaan Natal tiba, umat Muslim di kampung yang mayoritas bersuku Betawi ini, berkunjung ke rumah umat Kristiani untuk mengucapkan selamat natal. Begitu juga sebaliknya ketika umat Muslim merayakan idul fitri. Mereka turut serta dalam menjaga keamanan ketika umat agama lain di wilayah tesebut merayakan hari besar keagamaannya.

Sungguh indah ketika mengetahui dan menyaksikan bahwa kemajemukan dan keberagaman tidak menjadi penghalang bagi masyarakat untuk tetap bersatu dan hidup dalam keharmonisan. Perbedaan latar belakang suku, agama, dan budaya bukanlah penghalang untuk hidup harmonis dalam kehidupan yang saling menghormati, membantu, dan membangun solidaritas sosial yang kukuh.

Jika kelompok masyarakat yang berbeda agama saja bisa hidup dengan rukun, apalagi sebagai saudara seiman dalam Tuhan. Mazmur 133 adalah pernyataan iman mengenai kasih persaudaraan umat Tuhan. Mazmur ini melukiskan keindahan kasih kepada sesama saudara. Kasih Allah yang sudah dialami menjadi kekuatan bagi komunitas anak-anak Tuhan untuk dapat saling mengasihi. Namun hal ini juga sekaligus menjadi dasar untuk dapat mengasihi sesama yang belum menjadi komunitas umat Allah. Kondisi ini bahkan dapat menjadi kesempatan bagi kita untuk menunjukkan kasih Kristus sehingga menjadi kesaksian yang memuliakan Tuhan dan membawa banyak orang yang belum percaya dapat mengenal kasih Allah.

Bagaimana kesaksian hidup kita selama ini di tengah masyarakat? Apakah kita telah menjadi duta kasih Allah sehingga sikap dan perbuatan kita telah memberi andil bagi terciptanya kerukunan?


Kebersamaan adalah wujud kerukunan
Dan kerukunan adalah indikasi persatuan

0 Komentar