Renungan Harian: Rabu, 7 Juni 2023 - Peduli

Renungan Harian: Rabu, 7 Juni 2023 - Peduli

Rabu, 7 Juni 2023

Peduli

Bacaan Alkitab: Kisah Para Rasul 4:32-37

Rani merupakan seorang nenek berusia 71 tahun yang tinggal di Agni Tirtham, Rameswaram, India. Setiap harinya ia memasak dan menjual idli, yaitu hidangan khas India yang dibuat dari sayuran dan populer sebagai menu sarapan. Namun berbeda dengan penjual lainnya yang mementingkan keuntungan, Rani justru sering memberikan makanannya secara gratis. Ia selalu memberikan makanan gratis bagi orang-orang yang tidak mampu membeli makanan. Ia menganggap semua pembeli sebagai keluarganya. Ia tulus membantu mereka semua yang sedang kesusahan. Sementara untuk pembeli lainnya yang mampu membayar makanannya, Rani hanya mematok harga dengan sangat murah, jauh dibawah harga penjual lainnya. Sikap peduli yang tunjukkan nenek Rani menyatakan wujud kasih yang tulus terhadap sesama.

Kepedulian yang sama juga telah ditunjukkan melalui sikap jemaat mula-mula. Kebersamaan telah membentuk sebuah ikatan dalam komunitas tubuh Kristus sebagaimana yang dicatat dalam Kisah Para Rasul ini. Mereka sehati, sepikir sejiwa, baik dalam persekutuan, pelayanan dan doa. Kesehatian dalam jemaat mula-mula menghasilkan sikap kerelaan untuk berkorban bagi saudara seiman. Mereka saling menopang satu sama lain, bukan hanya pada hal rohani saja, tetapi juga jasmani. Harta milik setiap orang menjadi milik bersama. Itu sebabnya firman Tuhan mengatakan bahwa di antara mereka tidak ada seorang pun yang berkekurangan. Adapun yang menjadi kunci dalam kehidupan bersama yang mereka jalani adalah: Saling peduli satu sama lain.

Bukan kebetulan ketika kita ada dalam sebuah komunitas. Tuhan memanggil kita untuk menjadi alat kasih-Nya bagi sesama. Tuhan bekerja melalui kita dan menginginkan kita menjadi saluran berkat-Nya. Kepedulian dalam bentuk apa yang telah kita tunjukkan terhadap sesama selama ini? Mari bersikap peka terhadap apa yang sedang Tuhan perlihatkan dan gerakkan dalam hati kita saat ini untuk menyatakan kepedulian kita kepada orang-orang yang ada di sekitar.


Terkadang hanya dibutuhkan satu tindakan kebaikan dan kepedulian
untuk mengubah hidup seseorang

0 Komentar