Renungan Harian: Jumat, 9 Juni 2023 - Selalu Ada

Renungan Harian: Jumat, 9 Juni 2023 - Selalu Ada

Jumat, 9 Juni 2023

Selalu Ada

Bacaan Alkitab: Ibrani 13:6-8

Salamah (70 th) dan anaknya, Rumini (28 th), ditemukan tewas berpelukan pasca-erupsi gunung Semeru menyapu kediaman mereka di Desa Curah Kobokan, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu 4 Desember 2021. Mereka menjadi korban reruntuhan bangunan yang roboh. Adik ipar Salamah mengatakan, ketika gunung Semeru meletus, semua orang lari berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Diduga, Salamah tidak sanggup berjalan karena faktor usia. Sedangkan Rumini tak tega meninggalkan ibunya seorang diri. Keduanya ditemukan meninggal dunia dalam keadaan berpelukan.

Adalah hal yang mudah bersama-sama seseorang saat orang tersebut ada dalam keadaan yang baik, sehat, dan berkecukupan. Namun diperlukan komitmen yang tinggi untuk tetap ada di segala kondisi.

Salah satu ciri dari seorang yang memiliki karakter setia kawan adalah menjadi sahabat yang selalu ada di segala situasi dan kondisi. Sahabat setia akan selalu berusaha ada untuk kita, kapanpun kita butuhkan, baik ketika sedih maupun senang, sahabat sejati selalu punya waktu untuk kita. Ketika merasa senang, seorang sahabat akan sangat bersyukur. Ketika sedih pun, ia akan selalu berada di samping bahkan menghibur kita.

Tuhan Yesus telah mendemonstrasikan kasih dan kesetiaan yang begitu besar bagi kita. Karena kasih-Nya, Ia tidak menyayangkan nyawa-Nya dikorbankan bagi manusia berdosa. Bahkan janji-Nya dinyatakan bagi setiap kita: “…Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau” (Ibrani 13:5b).

Sebagai murid Kristus, sudahkah kita meneladani karakter Yesus dengan menjadi pribadi yang selalu ada dan peduli bagi orang-orang di sekitar kita. Mungkin kita memang belum bisa menjadi sahabat yang sempurna, namun setidaknya kita telah berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita dalam kasih dan kepedulian kita kepada sesama, baik itu kepada anggota keluarga maupun terhadap teman/ rekan-rekan kita.


Solidaritas bukan hanya omong kosong yang sering dilontarkan,
tapi bertindak nyata disaat terjadi sesuatu pada kawan.

0 Komentar