Renungan Harian: Jumat, 16 Juni 2023 - Kekompakan

Renungan Harian: Jumat, 16 Juni 2023 - Kekompakan

Jumat, 16 Juni 2023

Kekompakan

Bacaan Alkitab: Keluaran 17:8-13

Burung angsa yang tinggal di negara 4 musim akan selalu bergerak menjauhi musim dingin atau musim gugur. Saat mereka terbang dari satu tempat ke tempat lainnya, kawanan angsa selalu membentuk fomasi mirip huruf “V”. Burung angsa yang berada di ujung formasi V disebut sebagai pemimpin yang dapat mempermudah beban burung angsa yang berada pada formasi bagian belakang. Kepakan sayap angsa paling depan memberi "daya dukung" bagi angsa dibelakangnya agar tidak perlu bersusah payah untuk menembus dinding udara di depannya.

Ketika angsa yang paling depan yang berperan sebagai pemimpin merasa lelah, ia akan terbang memutar ke belakang formasi, kemudian angsa lain akan menggantikannya untuk mengambil peran sebagai pemimpin. Ketika seekor angsa sakit atau terluka, beberapa angsa lain akan akan mengikutinya keluar dari formasi untuk mendampinginya turun untuk membantu melindungi. Mereka akan tinggal dengan angsa tersebut dan memastikan rekannya mampu untuk terbang kembali kemudian membentuk formasi baru untuk mengejar rombongan mereka. “Kompak” adalah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana cara hewan angsa menjalani kehidupan bersama angsa lainnya.

Tim yang bagus bukanlah tim yang memiliki kemampuan yang sama, namun tim yang saling melengkapi. Hal inilah yang dapat kita perhatikan melalui contoh kekompakan Musa, Yosua, Harun dan Hur. Untuk memperoleh kemenangan dalam peperangan Israel melawan orang Amalek, Musa dan umat Israel melakukan beberapa hal. Musa berdoa dengan membawa dan memegang tongkatnya sebagai lambang penyertaan Tuhan. Sementara itu, Yosua memimpin umat Israel maju dalam peperangan. Saat berdoa, Musa tidak sendirian, ia mendapatkan dukungan dari Harun dan Musa. Karena pertempuran membutuhkan waktu yang lama dan tangan Musa tidak bisa terangkat terus maka ada Harun dan Hur yang membantu mengangkat tangannya. Ketika tangan Musa letih, Harun dan Hur menopang kedua tangan Musa agar tetap terangkat kepada Tuhan untuk mendapatkan kekuatan dan kemenangan dari Tuhan dalam peperangan itu.

Dalam kehidupan ini kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita membutuhkan orang-orang yang dapat mendukung dan menopang kita. Oleh sebab itu, mari kita memberikan dukungan dan mencari dukungan dalam sebuah tim yang penuh semangat untuk melakukan kehendak Tuhan. Kita diberkati oleh orang-orang yang mendukung kita, dan kita juga harus mendukung mereka.


Pekerjaan yang sulit akan lebih mudah terselesaikan apabila
dilakukan bersama dalam tim.

0 Komentar