Rivers of Life - Sekolah Kristen Kalam Kudus Project Festival 2023

Rivers of Life - Sekolah Kristen Kalam Kudus Project Festival 2023

Di Indonesia terdapat setidaknya 55.900 sungai utama dan 65.017 anak sungai yang tersebar di nusantara yang merupakan karunia Tuhan yang luar biasa bagi bangsa kita. Tetapi perilaku masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yang salah dapat mengakibatkan sungai bisa menjadi sumber petaka.

Rivers of Life merupakan sumbangsih Sekolah Kristen Kalam Indonesia dalam wujud menanamkan kepada siswa untuk mencintai sungai-sungai yang ada di daerah masing-masing. Sebagai sekolah, apa yang ingin kami sumbangkan untuk mencintai sungai-sungai di sekitar kita melalui sebuah project yang membuat siswa berpikir lebih untuk perbaikan sungai mereka.

Rivers of Life dirancang sebagai sebuah pembelajaran siswa di era Kurikulum Merdeka sebagai sebuah project bersama Sekolah Kristen Kalam Kudus yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tahun ini ada 12 kota yang berpartisipasi dan merespon sungai-sungai di kotanya masing-masing, diantaranya adalah kota Surakarta, Surabaya, Jakarta, Bandung, Pontianak, Pematang Siantar, Dumai, Merauke, Sorong, Bali, Pangkal Pinang dan Palopo.

Project Rivers of Life ini telah melalui berbagai tahapan, yaitu tahap pertama pemahaman konsep yang terdiri dari kegiatan Literasi tentang sungai, riset dan menentukan tema, Tahap kedua pembuatan karya dalam bentuk karya seni yang dikerjakan secara kolektif, tahap ketiga digitalisasi hasil karya seni. Tahap keempat pameran hasil Karya seni di area publik yang bisa kita saksikan bersama-sama saat ini. Semoga karya-karya ini menginspirasi kita semua!

Bagaiamanakah cara mencintai lingkungan sekitar kita, khususnya "Sungai" yang menjadi salah satu sumber kehidupan?

Saksikan dan temukan di acara pagelaran dan pameran Rivers of Life 2023 pada tanggal 19-23 Mei 2023 di Balaikota Surakarta.

Salam Simponi Sungai

0 Komentar