Renungan Harian: Selasa, 9 Mei 2022 - Rela Menanggung Kesalahan

Renungan Harian: Selasa, 9 Mei 2022 - Rela Menanggung Kesalahan

Selasa, 9 Mei 2022

Rela Menanggung Kesalahan

Bacaan Alkitab: Ibrani 12:9-14

Kisah ini terjadi pada tahun 1920 di USA. Seorang anak berusia sembilan tahunan bermain bola di komplek rumahnya. Entah mengapa ia menendang bola terlalu keras dan mengenai kaca jendela sebuah rumah di komplek tersebut. Tak ayal kaca jendela itu pecah berkeping, sementara sang pemilik rumah marah besar. Pemilik rumah minta ganti rugi untuk kaca yang sudah dipecahkan sebesar 12,5 dollar tak peduli siapapun pelakunya, seorang anak kecil sekalipun. Pada saat itu uang sebesar 12,5 dollar nilainya sangat besar, setara dengan 125 ekor ayam betina. Anak itu merasa takut sekaligus bingung karena tak punya uang.

Dengan wajah murung ia pulang meminta bantuan uang kepada ayahnya. “Kamu harus bertanggung jawab atas kesalahanmu jangan meminta orang lain untuk menanggung kesalahanmu,” kata ayahnya. “Saya akan meminjam uang untuk kamu. Tetapi kamu harus mengembalikannya dalam satu tahun,” kata si ayah mengajukan syarat. “Baiklah!” jawab anak itu senang.

Setelah itu si anak bekerja sampingan untuk mendapatkan uang. Dalam waktu enam bulan ia berhasil mengumpulkan uang sebesar 12,5 dolar dan melunasi hutang kepada ayahnya. Si ayah sangat senang menerima uang dari anaknya. “Kamu memang seorang kesatria sejati!” puji ayahnya sambil tersenyum.
Waktu berlalu, tersiarlah kabar bahwa anak itu berhasil menjadi presiden Amerika. Ia memerintah Amerika sejak tahun 1981 hingga 1989, bernama Ronald Wilson Reagan (1911-2004). Didikan dari orang tua membuat Ronald Reagan kecil tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Berdasarkan kisah di atas kita dapat melihat bahwa sikap bertanggung jawab mendidik seseorang mengatasi masalah dan memperbaiki diri sendiri.


Kesediaan untuk menanggung kesalahan membentuk
pribadi yang bertanggung jawab

0 Komentar