Renungan Harian: Selasa, 23 Mei 2023 - Responsibility

Renungan Harian: Selasa, 23 Mei 2023 - Responsibility

Selasa, 23 Mei 2023

Responsibility

Bacaan Alkitab: Yunus 1:1-17

Tanggung jawab seorang anak adalah belajar dengan baik agar mendapatkan nilai sebaik mungkin. Ketika kita bertambah dewasa, tanggung jawab itu menjadi lebih besar lagi, baik tanggung jawab dalam keluarga maupun dalam pekerjaan. Kita mungkin pernah mendengar cerita tentang nabi Yunus. Yunus adalah orang yang dipilih Tuhan untuk mewartakan kabar keselamatan-Nya kepada Niniwe. Namun, ia mencoba lari dari tanggung jawab itu dengan pergi melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan Tuhan. Apakah Tuhan berkenan dengan sikap Yunus? Tuhan menegur Yunus dengan mendatangkan angin ribut dan dilemparkan ke dalam lautan. Akhirnya Yunus ditelan oleh ikan besar dan berada di dalam perut ikan itu selama 3 hari 3 malam.

Kadang kita berlaku seperti Yunus, ingin menghindar ketika diberi sebuah tanggung jawab, dengan cara menyuruh orang lain untuk menyelesaikannya. Sesungguhnya, setiap orang memiliki tanggung jawab yang sesuai dengan kemampuannya. Bagian kita adalah menyelesaikannya hingga akhir. Ketika kita menerima sebuah tanggung jawab dan kita merasa itu terlalu sulit, mintalah bimbingan dan hikmat Tuhan agar kita bisa menyelesaikan tanggung jawab itu dengan baik. Dengan pertolongan Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin. Dibutuhkan komitmen dan kesetiaan untuk menyelesaikan tanggung jawab itu. Baik itu di sekolah, dalam pekerjaan maupun di pelayanan.

Semua tanggung jawab itu sama, dan selalu ada resiko pada tiap-tiap bagian yang kita kerjakan. Mintalah hikmat Tuhan agar kita dimampukan untuk menyelesaikan tanggung jawab itu dengan benar.


Oh, Tuhan, tolonglah aku untuk mewujudkan komitmenku dengan kesetiaan penuh

0 Komentar