Renungan Harian: Selasa, 16 Mei 2023 - Seekor Ikan Kecil

Renungan Harian: Selasa, 16 Mei 2023 - Seekor Ikan Kecil

Selasa, 16 Mei 2023

Seekor Ikan Kecil

Bacaan Alkitab: Matius 26:17-20

Ronald Reagen, Presiden Amerika Serikat ke 40 suatu hari mengadakan pertemuan dengan Mikhail Gorbachev membahas mengenai pelucutan senjata nuklis, demi meredakan perang dingin saat itu. Daripada menginap di hotel, Presiden Reagen memilih tinggal di rumah sahabatnya bernama Sally supaya lebih leluasa. Karena hendak berlibur, ia berpesan, “Maukah kamu setiap pagi memberi makan ikan kesayangan anakku. Maaf bila aku merepotkanmu.” Dengan senang hati Reagen menerima tanggung jawab memelihara ikan mas kecil itu.

Pertemuannya Reagen dengan Gorbachev begitu penting dan bersejarah bagi pengaruh dunia. Tetapi malang, esok paginya ikan kecil itu mati. Dengan segera Reagen meminta pengawalnya untuk mencari ikan yang sama di pasar. Akhirnya mereka mendapatkan dua ekor ikan yang mirip. Reagen menempatkan ikan itu ke dalam aquarium dengan hati-hati, tidak lupa meninggalkan memo tentang peristiwa yang terjadi.

Bagi sebagian orang, mencari ikan mas kecil yang mirip merupakan masalah sepele dan persoalan kecil karena berurusan dengan anak kecil saja. Namun bagi Ronald Reagen, itu adalah tanggung jawab. walaupun dia seorang kelas dunia, ia tidak akan memandang remeh nilai dari sebuah tanggung jawab yang harus dia pegang. Hal serupa seharusnya juga dapat kita biasakan dalam membereskan kesalahan-kesalahan yang dipercayakan kepada kita.


Kesediaan untuk memperbaiki kesalahan kecil adalah proses latihan
untuk menerima tanggung jawab yang besar

0 Komentar