Renungan Harian: Rabu, 24 Mei 2023 - Hidup Yang Bertanggung Jawab

Renungan Harian: Rabu, 24 Mei 2023 - Hidup Yang Bertanggung Jawab

Rabu, 24 Mei 2023

Hidup Yang Bertanggung Jawab

Bacaan Alkitab: 1 Tesalonika 5:12-15

Di dalam sebuah kelas, murid-murid baru saja diajarkan tentang bagaimana harus bertanggung jawab pada hal-hal yang telah mereka lakukan. Ibu guru tersebut memberikan contoh bahwa saat bangun dari tidur, anak-anak harus belajar untuk membereskan tempat tidur. Begitu pula saat selesai makan di kantin sekolah, bungkus makanan harus dibersihkan dan dibuang ke tempat sampah.

Namun saat jam istirahat tiba, seorang murid memergoki gurunya selesai makan dan meninggalkan sampah makanan di meja. Sejak saat itu para murid mulai malas mendengarkan pengajarannya sebab apa yang diajarkan tidak sesuai dengan perilakunya sehari-hari. Lantas bagaimana dengan kita? Bisakah kita menjadi garam dan terang dunia jika diri kita masih penuh dengan dosa?

Tindakan tak bertanggung jawab tidak akan berbuah apalagi menjadi berkat. Orang-orang seperti itu hanya akan menyusahkan orang lain. Bertanggung jawab memang sangat sulit dilakukan oleh orang-orang yang tidak mempunyai nyali. Seperti yang dinasihatkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika, “…tegurlah mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah mereka yang tawar hati, belalah mereka yang lemah, sabarlah terhadap semua orang.” Sebagai anak-anak Tuhan, kita telah diberikan kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas di dunia dengan baik sebagai bentuk rasa tanggung jawab kita kepada Allah.


Tanggung jawab dibuktikan melalui perkataan dan tindakan

0 Komentar