Renungan Harian: Kamis, 25 Mei 2023 - Double Kewarganegaraan

Renungan Harian: Kamis, 25 Mei 2023 - Double Kewarganegaraan

Kamis, 25 Mei 2023

Double Kewarganegaraan

Bacaan Alkitab: Galatia 5:10-15

Banyak orang senang pergi ke Amerika dan menetap di sana, sampai mereka mendapatkan Golden Card. Dengan demikian, mereka telah diakui oleh pemerintah Amerika sebagai warga negara Amerika Serikat. Padahal dia masih menjadi warga negara Indonesia. Dr. Johanes Leimena berkata, “kita bertanggung jawab terhadap negara, jika kita mempunyai kesadaran bernegara.” Pernyataan tersebut menyatakan bahwa kita sebagai anggota warga negara, memiliki kewajiban yang terkait dengan status warga negara tersebut.

Sebagai orang Kristen, kita juga memiliki kewarganegaraan ganda. Sebagai WNI kita wajib mematuhi peraturan yang berlaku dan membayar pajak yang ditetapkan oleh pemerintah. Kita diberi tanggung jawab atas nasib hidup bangsa, membangun hubungan yang harmonis dalam usaha membangun masyarakat yang bermartabat dan bertanggung jawab. Sebagai warga kerajaan Allah kita pun dapat menghadirkan Allah di dunia. Dunia sebagai ladang misinya Allah. Tempat dimana Allah sendiri telah memberikan Anak-Nya, menjadi tebusan bagi semua orang. Supaya setiap orang yang percaya beroleh hidup kekal.

Sebagai kelompok Kristen sekalipun minoritas, namun perannya di masyarakat dapat memberi dampak yang besar bagi sekitarnya. Tanggung jawab kita adalah membagikan kasih Allah. Kita dapat terus memancarkan kasih Tuhan kepada semua orang, agar semakin banyak orang melihat kehidupan kita yang memuliakan Tuhan, dan memberi dampak bagi dunia.


Siapapun yang telah menerima kasih Allah,
bertanggung jawab membagikannya

0 Komentar