Renungan Harian: Kamis, 1 Juni 2023 - Tidak Dibiarkan Sendiri

Renungan Harian: Kamis, 1 Juni 2023 - Tidak Dibiarkan Sendiri

Kamis, 1 Juni 2023

Tidak Dibiarkan Sendiri

Bacaan Alkitab: Markus 6:45-52

Salah satu ciri seorang yang memiliki karakter setia kawan adalah pribadi yang selalu ada dan setia mendampingi di segala kondisi. Sosok Hafiz sempat viral di medsos usai rela membatalkan pekerjaan, demi mengantarkan sahabatnya yang stroke ke rumah sakit. Semasa kecil Hafiz bersama tiga temannya menjadi empat sekawan yang gemar bermain di sungai. Mereka berjanji untuk saling membantu. Hafiz tak menyangka seorang temannya mengalami stroke. Hafiz berusaha menepati janji untuk setia menemani, baik suka maupun duka. Persahabatan yang mereka pupuk sejak kecil begitu terlihat, sampai sahabatnya ini harus kembali pada Sang Pencipta.

Adalah hal yang sangat menghibur dan menguatkan ketika dalam hidup ini kita dikelilingi para sahabat yang berjanji selalu ada untuk kita. Dan janji itu bukan sekedar kata-kata namun dibuktikan dengan tindakan.

Ketika murid-murid Yesus menghadapi masalah saat berlayar karena adanya angin sakal, di ayat 47 dikatakan, “Ketika Ia melihat betapa payahnya mereka mendayung karena angin sakal, maka kira-kira jam tiga malam Ia datang kepada mereka…” Yesus tidak membiarkan para murid menghadapi permasalahan yang ada sendirian. Yesus melihat mereka, Ia datang dan memberikan pertolongan. Sebagai seorang sahabat, Yesus menenangkan dan meneguhkan hati mereka (ayat 50) dan juga meredakan angin sakal tersebut (ayat 51).

Tuhan Yesus menjadi teladan bagi kita dalam cara-Nya bersikap dan memperlakukan para sahabat-Nya. Kasih, kepedulian dan kesetiaan Yesus sungguh nyata dan terbukti. Ini pulalah yang dinyatakan Allah atas setiap kita. Dalam Ibrani 13:5 firman Tuhan berkata, “…Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau”

Dalam kita berelasi dengan sesama selama ini, lebih khusus lagi dalam komunitas orang percaya, apakah Yesus mendapati kita sebagai pribadi yang memiliki kualitas setia kawan? Kita mengasihi dan berusaha menjadi pribadi yang selalu ada bagi rekan-rekan dan sahabat kita di segala kondisi apapun.


Sahabat bukanlah tentang siapa yang kita kenal paling lama.
Tetapi tentang ia yang datang dalam kehidupan kita dan berkata,
“aku ada di sini untukmu, lalu membuktikannya”

0 Komentar